ORIENTASI AKADEMIK MABA PASCASARJANA TAHAP II


Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Amai Gorontalo mengadakan orientasi mahasiswa baru tahap II tahun akademik 2017/2018.  Kegiatan ini bertuujuan untuk menyambut sekaligus memperkenalkan kepada mahasiswa baru tentang kehidupan perkuliahan di pascasarjana IAIN Sultan Amai Gorontalo.

Ritual akademik pada penerimaan mahasiswa baru  tersebut berlangsung semarak di Aula Pascasrjana kampus II IAIN Sultan Amai Gorontalo, Sabtu (3/3/2018). Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Dr. Lahaji, M,Ag, selaku Rektor, Dr. H. Kasim Yahiji, M.Ag, Direktur Pascasrjana,  Dr. AyubaPantu, M.Pd, KetuaSenat, Dr. Sopyan. AP. Kau, M.Ag, Warek I, seluruh Ketua Program Studi Pascasrjana, Dekan Fakultas se-IAIN, serta seluruh dosen Pascasarjana.

Mahasiswa baru memadati kursi yang disediakan panitia. Laporan orientasi mahasiswa baru tahap II Pascsarjana disampaikan oleh Direktur Pascasarjana Dr. H. Kasim Yahiji, M.Ag. Dalam laporannya disampaikan bahwa mahasiswa baru yang hadir mengikuti orientasi ini merupakan mahasiswa baru tahap ke II Tahun Akademik 2017/2018 hal, ini sesuai dengan Statuta IAIN Sultan Amai Gorontalo. Dalam Statuta disebutkan bahwa Pascasrjana IAIN Sultan Amai Gorontalo bisa menerima mahasiswa baru sebanyak dua kali dalam setahun, yaitu pada smester ganjil dan semester genap.

“Tujuan dilaksnakan orientasi ini yakni memperkenalkan kepada mahasiswa baru tentang sistem akademik Pascasrjana. Selain itu juga memperkenalkan bagaimana kajian-kajian keislaman yang menjadi Visi Misi dari IAIN Sultan Amai. “Ungkap Dr. H.  KasimYahiji, M.Ag

Hal senada dismpaikan juga oleh Ketua Panitia orientasi mahasiswa baru tahap II Pascasarjana Dr. Herson Anwar, M.Pd. “Tujuan dari acara orientasi ini untuk pengenalan akademik kampus, bagaimana perkuliahan di Pascasrjana, bagaimana pengelolaan administrasi Pascasrjana. Juga mengenalkan kepada mahasiswa tentang struktur kurikulum yang akan dijalani selama proses perkuliahan, serta memperkenalkan dosen yang mengajar di Pascasrjana. Dalam dua hari, kelak mereka akan memahami tahapan-tahapan akademik.” tutur Dr. Herson Anwar, M.Pd.

Sementara itu Rektor IAIN Sultan Amai Gorontalo  Dr. Lahaji, M.Ag, mengapresiasi kegiatan orintasi mahasiswa baru Pascsarjana. Dalam sambutannya beliau berharap agar mahasiwa S1 dan S2 seimbang dari segi jumlah.

“Saya berharap jumlah mahasiswa Pascasarjana bisa seimbang dengan jumlah mahasiswa S1. Penting juga kiranya mahasiswa  yang masuk di pascasarjana supaya komptensi pendidikannya linear. Kedepan Pasca sarjana bisa membuka prodi baru dan bisa bersaing dengan dengan perguruan tinggi yang ada di provinsi Gorontalo bahkan diluar Provinsi Gorontalo. Sesungguhnya kemajuan IAIN Sultan Amai Gorontalo berada pada pasca sarjana, hal ini demi menjawab keinginan masyrakat luas agar IAN Sultan Amai Gorontalo bias bertransformasi ke UIN.” Pungkas Dr. Lahaji. (ad)


Berita Terkait

Komentar via Facebook

Kembali ke atas