KEPEMIMPINAN DAN MOTIVASI KERJA PEGAWAI


Sabtu, 17 November 2018

Ahmad Fahmi

Publikasi LP2M

Dibaca: 52 kali

KEPEMIMPINAN DAN MOTIVASI KERJA PEGAWAI

Oleh Roni Mohamad

Dosen IAIN Gorontalo

 

Abstrak

Hal ini telah dibuktikan dengan uji regresi dan koefisien korelasi dengan indeks determinasi (perhitungan terlampir). Jadi dapat diprediksikan bahwa motivasi kerja pegawai dipengaruhi oleh kepemimpinan sebesar 68,89 %, sedangkan sisanya 31,11% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dapat diprediksi oleh penulis misalnya pemberian kompensasi, pemberian penghargaan dan sebagainya. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa hipotesis penelitian yang diajukan yaitu diduga bahwa adanya terdapat pengaruh antara persepsi aparat tentang kepemimpinan dan motivasi kerja pegawai kantor camat Botupingge Kabupaten Bone Bolango dapat diterima

 

Kata Kunci; Kepemimpinan dan Motivasi Kerja

Pendahuluan

Dewasa ini telah banyak perkembangan yang cepat pada ilmu pengetahuan dan teknologi, yang mengakibatkan organisasi harus turut mengikuti dan mengantisipasi perkembangan tersebut, agar organisasi berjalan sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Oleh karena itu, manusialah sebagai salah satu faktor sumber daya yang diperlukan dan sangat mempunyai peranan yang penting dalam menjalankan faktor-faktor lain dalam organisasi, apalagi dalam organisasi terdapat indikasi kurang efektifnya dalam pemberian motivasi kepada pegawainya yang dapat dilihat dari menurunnya kualitas kerja. Namun untuk mencapai kualitas kerja yang baik diperlukan kerjasama yang baik dalam suatu organisasi. Kerjasama itu dilakukan oleh beberapa orang (dua orang atau lebih), dalam berbagai rangkaian kegiatan yang terarah pada tujuan yang lebih mudah dicapai daripada dikerjakan sendiri.

               Efektif tidaknya jalan suatu organisasi sangat ditentukan oleh faktor kepemimpinannya, sebab kepemimpinan merupakan aktivitas untuk mempengaruhi orang-orang supaya diarahkan mencapai tujuan organisasi, G.R Terry (dalam Thoha, 2004:5). Artinya ada dua peranan besar yang dapat dimainkan oleh seorang pemimpin yang mempengaruhi orang lain dan mengarahkan mereka pada pencapaian tujuan organisasi. Jadi seorang pemimpin adalah orang yang akan memimpin suatu perusahaan atau organisasi yang mampu mengarahkan, membina dan mampu memenej pekerjaan dan waktu. Olehnya dibutuhkan suatu kerjasama antara pimpinan dan para anggota atau karyawan.

               Kemampuan pemimpin dalam kenyataannya semakin diperlukan, apabila organisasi yang dipimpinnya merupakan lembaga pemerintahan yang sehari-harinya selalu bersentuhan dengan pelayanan publik. Kepuasan pelayanan publik akan lembaga pemerintah senantiasa tercermin dalam kemampuan pimpinan dalam mengelola lembaga sehingga peran lembaga tetap pada jalu yang telah ditetapkan. Kehadiran seorang pemimpin juga akan menjadi suatu sumber motivasi bagi anggota atau pekerja dalam menjalankan berbagai aktivitas demi mencapai tujuan organisasi. Selain itu juga, keberadaannya akan dapat menyatukan berbagai persepsi, keinginan, karakteristik, dan lainnya pada individu-individu dalam mengarahkan mereka pada visi dan tujuan yang sama.

Selengkapnya klik disini: KEPEMIMPINAN DAN MOTIVASI KERJA PEGAWAI


Berita Terkait

Komentar via Facebook

Kembali ke atas