Pengaruh Tingkat Pemahaman Agama Terhadap Perilaku Bisnis Pedagang Pasar Minggu Telaga Kabupaten Gorontalo


Sabtu, 17 November 2018

Ahmad Fahmi

Publikasi LP2M

Dibaca: 89 kali

Pengaruh Tingkat Pemahaman Agama

 Terhadap Perilaku Bisnis

Pedagang Pasar Minggu Telaga Kabupaten Gorontalo.

Oleh:

Roni Mohammad, SE., M.Si.

Mustofa, S.Ag., M.EI

 

ABSTRAK

Selayaknya seorang yang mempunyai tingkat pemahaman keagamaan tinggi akan selalu berupaya untuk menjalankan syariat Islam secara konsisten. Bukan hanya dalam tataran ibadah tapi juga pada tataran muamalah, yakni hubungan antara sesama manusia dalam bidang ekonomi. kalau seorang muslim mau konsisten maka ia akan bermuamalah/berdagang sesuai dengan prinsip-prinsip syariah.

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh tingkat pemahaman agama  terhadap prilaku dagang/bisnis pedangang. Penelitian in berlangsung selama tiga bulan (Agustus-November 2013), lokasi penelitian ini adalah Pasar Minggu Telaga Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan analisa data dilakukan dengan pendekatan statistik regresi berganda dengan bantuan program SPSS 17.0, sedangkan data yang digunakan adalah data primer dan skunder yanga diperoleh melalui observasi, dokumentasi dan kuesioner (angket).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pemahaman agama yang terdiri dari Iman, Islam dan Ihsan pedagang pasar minggu Telaga tergolong tinggi. Berdasarkan hasil analisis uji parsial tentang tingkat pemahaman agama tentang Iman dan Ihsan berpengaruh signifikan terhadap prilaku dagang/bisnis pedagang pasar minggu  telaga kabupaten gorontalo dan tingkat pemahaman agama tentang Islam tidak berpengaruh signifikan terhadap prilaku bisnis pedagang pasar minggu Telaga. Sedangkan tingkat pemahaman agama secara bersama-sama yang terdiri dari Iman, Islam dan Ihsan berpengaruh signifikan terhadap prilaku dagang/bisnis pedagang pasar minggu Telaga Kabupten Gorontalo.

Key Words: Agama, investasi, syariah

Selengkapnya klik disini: Pengaruh Tingkat Pemahaman Agama Terhadap Perilaku Bisnis Pedagang Pasar Minggu Telaga Kabupaten Gorontalo


Berita Terkait

Komentar via Facebook

Kembali ke atas