MUSWIL LEMBAGA LEGISLATIF MAHASISWA INDONESIA WILAYAH SULAWESI


Dalam rangka memperteguh silaturrahmi, memperdalam wawasan dan meningkatkan kemampuan mengelolah organisasi legislatif mahasiswa, diselenggarakanlah Musyawarah Wilayah (Muswil) Lembaga Legislatif Mahasiswa Indonesia (FL2MI) se-Sulawesi, Senin, 26 November 2018 di Aula Serba Guna Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Amai Gorontalo.

Muswil FL2MI yang pertama kalinya dilkaksanakan  di provinsi Gorontalo, bahkan di wilayah Sulawesi ini, dihadiri oleh beberapa perwakilan lembaga legislatif mahasiswa. Mereka adalah Universitas Islam Negeri (UIN) Kendari, IAIN Palopo, IAIN Bone, Politekes Manado,  Universitas Muhammadiyah Gorontalo, UIN Makasasr, dan IAIN Gorontalo.

Rektor IAIN Sultan Amai Gorontalo, Dr. Lahaji, M.Ag, dalam sambutannya meminta kepada seluruh perguruan tinggi yang tergabung dalam FL2MI wialayh Sulawesi agar tetap kritis mengawal seluruh kebijakan kampus masing-masing.

“Meski sebagai mitra birokrasi kampus, Lembaga Legislatif Mahasisswa pada saat tertentu harus menjadi oposisi guna mengawal kinerja birokrasi yang sewaktu-waktu melenceng dari regulasi yang ada. “Kritik yang sifatnya membangun harus diasah oleh generasi muda sebagai wujud majunya demokrasi” kata Rekor saat membuka acar pembukaan.

Muswil yang juga hendak memilih nahkoda baru dalam kepengurusan FL2Mi itu mengangkat tema: Rekonstruksi Gerakan Lembaga Legislatif Mahasiswa Indonesia Menjawab Tantangan Zaman di Era Mileneal”

Ketua Panitia Pelaksana, Fadli Melu, dalam laporannya secara tegas  mengingatkan bahwa kegiatan ini tidak terkontaminasi oleh kepentingan politik praktis guna memuluskan hajat orang, kelompok atau partai tertentu. Hal Senada jug diutarakan oleh ketua Senat mahasiswa IAIN Sultan Amai Gorontalo, Nasar Pakaya: “Kita harus memastikan bahwa calon cendekiawan yang hadir disini tidak sedang berafiliasi dengan polemik politik praktis”

Pembukaan Muswil dihadiri Staf Kepresidenan, Troy E. Pomalingo, Assiten II Propinsi Gorontalo, Ketua Bawaslu Propinsi Gorontalo, Rahmat Katon Mohi, dan seluruh civitas Academika IAIN Sultan Amai Gorontalo.


Berita Terkait

Komentar via Facebook

Kembali ke atas