Kepala Kejati Gorontalo Beri Kuliah Umum di IAIN Sultan Amai Gorontalo


Jumat, 11 Januari 2019

Azis Dumbi

Kolom Rektor

Dibaca: 196 kali

GORONTALO – Kepala Kejaksaan Tinggi (Kejati) Gorontalo Dr. Firdaus Dawilmar,SH, M.Hum, melakukan kunjungan ke Institut Agama Islam Negeri Gorontalo, Kamis (10/1),. Kedatangan orang nomor satu di Kejaksaan Tinggi Gorontalo itu disambut langsung oleh Dr. Lahaji, M.Ag selaku Rektor. Adapun tujuan kedatangan Kepala Kejaksaan Tinggi Gorontalo ke IAIN Sultan Amai Gorontalo, dalam rangka memberikan kuliah umum serta menjalin kerjasama antara kedua institusi.

Dihadapan para dosen, pegawai dan ratusan mahasiswa yang turut dihadiri oleh Rektor bersama unsur pimpinan, Kepala Kejaksaan Tinggi Gorontalo Dr. Firdaus Dawilmar,SH, M.Hum, menyampaikan kuliah umum dengan topik fungsi intelijen Kejaksaan RI sebagai early warning system dalam perspektif National security.

Di saat memberikan kuliahnya Dr. Firdaus menyampaikan, bahwa pengertian intelijen adalah pengetahuan, organisasi, dan kegiatan yang terkait dengan perumusan kebijakan, strategi nasional, dan pengambilan keputusan berdasarkan analisis dari informasi dan fakta yang terkumpul melalui metode kerja untuk pendeteksian dan peringatan dini dalam rangka pencegahan, penangkalan, dan penanggulangan setiap ancaman terhadap keamanan nasional. Hal ini tertuang dalam UU intelijen nomor 17 tahun 2011.

Dr. Firdaus menambahkan bahwa Kejaksaan Republik Indonesia dalam menjalankan fungsi intelijen sebagai early warning system dalam rangka memperkokoh National security di era revolusi industri ini, memerlukan dukungan dari segenap kalangan termasuk Perguruan Tinggi.

“Intelijen yang ada di lingkungan Kejaksaan merupakan bagian dari langkah preventif dan represif, sebagai bagian dari bentuk tanggung jawab Negara dalam penegakan hukum. Untuk itu dalam mewujudkan fungsi intelijen Kejaksaan Republik Indonesia membutuhkkan dukungan dari segenap kalangan termasuk dari unsur perguruan tinggi dalam rangka memperkokoh National security di era revolusi industri ini”, jelasnya.

Kuliah yang disampaikan orang nomor satu di Kejati Gorontalo ini disambut antusias oleh mahasiswa dan dosen yang hadir, bahkan tidak sedikit mahasiswa melemparkan sejumlah pertanyaan kepada narasumber. (aadum)


Berita Terkait

Komentar via Facebook

Kembali ke atas