Penguatan dan Pengembangan Lembaga Melalui Tata Kelola Akademik Yang Bermutu


Selasa, 15 Januari 2019

Azis Dumbi

Kolom Rektor

Dibaca: 121 kali

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Amai Gorontalo melaksanakan kegiatan workshop “Penguatan dan Pengembangan Lembaga Melalui Tata Kelola Akademik Yang Bermutu”, senin (14/1). Sebagai upaya untuk mewujudkan peningkatan tata kelola pendidikan tinggi yang baik juga sebagai kebutuhan mendasar dan pilihan strategis bagi pengembangan perguruan tinggi yang berkualitas.

Kegiatan yang dihelat di gedung LPM ini menghadirkan narasumber Kasubdit Pengembangan Akademik Direktorat PTKIN Kementerian Agama RI, Dr. Mamat Salamet Burhanudin, M.Ag, dan dihadiri langsung oleh Rektor IAIN Sultan Amai Gorontalo Dr. Lahaji, M.Ag, serta seluruh civitas akademika IAIN Sultan Amai Gorontalo.

Rektor Dr. lahaji, M.Ag dalam sambutannya mengungkapkan bentuk rasa syukurnya atas terselenggaranya kegiatan ini dengan menghadirkan narasumber dari Kementerian Agama RI.

“Kita bersyukur atas terselanggaranya kegiatan ini dengan mendatangkan narasumber langsung dari Kementerian Agama, dan saya ingin mengucapkan terimakasih kepada narasumber yang telah bersedia memberikan penguatan akademik. Saya berharap dengan adanya kegiatan ini bisa mewujudkan peningkatan tata kelola akademik yang bermutu, Karena hal ini merupakan kebutuhan mendasar dan pilihan strategis bagi pengembangan perguruan tinggi yang berkualitas agar IAIN Sultan Amai Gorontalo bisa menuju Universita Islam Negeri (UIN)” Ungkap Rektor

Sementara itu, dalam materinya Dr. Mamat S. Burhanuddin, M. Ag menyampaikan bahwa PTKI harus mencapai beberapa standar terutama pada bidang akademiknya, termasuk standar itulah yang harus dicapai sesuai dengan panduan yang telah ditetapkan yang mengacu pada standar pendidikan.

Dr. Mamat S. Burhanuddin, M.Ag juga menyampaikan di tingkat Rektorat dan para Dekan juga mempunyai tugas untuk mengawasi dan mendukung segala upaya yang dilakukan oleh Prodi dalam menjalankan segala programnya, tujuannya adalah untuk menilai sejauh mana Prodi menjalankan tugasnya berdasarkan panduan yang telah ditetapkan oleh pendidikan tinggi.

“Kita di PTKI memang harus mencapai beberapa standar yang telah ditetapkan, misalnya saja pada bidang akademiknya ataupun kurikulumnya yang mengacu pada standar pendidikan berdasarkan panduan yang telah ditetapkan oleh kementerian. Rektorat dan Dekan juga harus mendukung upaya Prodi dalam menjalankan programnya dan memberikan pengawasan, tujuannya untuk melihat sejauh mana Prodi tersebut dalam menjalankan tugas sesuai dengan panduan ketetapan pendidikan tinggi” tutur Dr. Mamat S. Burhanuddin, M.Ag. (Aadum)


Berita Terkait

Komentar via Facebook

Kembali ke atas