Berikut Studium General dan Talkshow Rakernas yang diikuti Rektor


Sabtu, 26 Januari 2019

Ramli Y. I.

Kolom Rektor

Dibaca: 71 kali

Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Amai Gorontalo, Dr. Lahaji, M.Ag menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Kementerian Agama Tahun 2019, di Hotel Shangri Laa, Jakarta, sejak Rabu hingga Jum’at, (23-25/1).

Rakernas tersebut diikuti oleh 300 peserta di lingkungan Kementerian Agama se Indonesia, yang terdiri atas Rektor/Ketua Perguruan Tinggi Negeri (PTKN) dan pejabat Eselon I dan II Pusat, serta Kakanwil dan  Kemenag.

Kegiatan Kemenag yang diagendakan setahun sekali yang sekaligus mengangkat tema “Moderasi Beragama untuk Kebersamaan Umat” itu diisi oleh tiga narasumber kompeten dibidangnya masing-masing.

Menteri Agama, sebagaimana yang dikutip dari laman Bimas Islam Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam, mengatakan bahwa empat pemateri berkompeten di bidangnya masing-masing, yakni: Menkeu Sri Mulyani, Guru Besar Fakultas Ekonomi UI Rhenald Kasali, Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Azyumardi Azra, dan Inayah Wahid. Rakernas menyuguhkan rangkaian acara sesi yang dikemas berbeda dari tahun sebelumnya.(https://bimasislam.kemenag.go.id/post/berita/rakernas-2019-sri-mulyani-dan-rhenald-kasali-bicara-manejemen-azyumardi-azra-dan-inayah-wahid-bicara-moderasi)

Tema-tema diatas dirancang oleh Panitia Pelaksana dalam bentuk Studium General dan talkshow. Keseluruhan studium General dan talkshow oleh pematri tersebut disampaikan pada hari pertama dan kedua.

Di hari pertama, Menteri Keuangan RI. Sri Mulyani mengangkat judul: Akselerasi Manajemen Keuangan Kementerian Agama.Pada hari yang sama Rheinald Kasali mengurai materinya: Bekerja Melayani umat di Era Disrupsi.

Sedangkan pada hari kedua, Kamis (24/1) dua narasumber lainnya mengisi talkshow tentang Moderasi Beragama untuk Kebersamaan Umat. Keduanya adalah Prof. Azyumardi Azra, dengan topik "Tantangan dan Masa Depan Moderasi Beragama dalam Peta Geo Sosial Politik" dan Inayah Wahid dengan topik "Issu Moderasi Beragama Perspektif Generasi Millenial". Sementara Menteri Agama RI, memberi muatan tentang Kesuksesan Satuan Kerja Kementerian Agama yang Berprestasi.

Pada intinya Rakernas Kemenag 2019 didesain untuk menyakinkan peserta tentang pentingnya mengubah pola pikir dan pola kerja dengan wawasan terbaru serta lebih terbuka. Untuk itu, Rakernas menghadirkan empat pemateri dari narasumber berkompeten di bidangnya.


Berita Terkait

Komentar via Facebook

Kembali ke atas