Pelatihan Tehnik Konseling: Impact Counseling for Effective Counseling


Pelatihan Konseling bagi calon guru di lingkungan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Amai Gorontalo digelar pada hari Sabtu, 26 JAnuari 2019 di auditorium Walikota Gorontalo. Kegiatan tersebut dimaksudkan untuk melatih mahasiswa tentang tehnik Impact Counseling sehingga dalam pelaksanaan konseling mereka menjadi lebih efektif”

Menurut salah satu Panitia Pelaksana, Amalia R. Pautina, M.Pd, kegiatan ini meberi manfaat sagat besar bagi mahasiswa di FITK terutama ketika mereka berhadapan dengan berbagai persoalan yang dihadapi anak didiknya kelak. “Seluruh pesertanya adalah mahasiswa FITK sehingga sebagai calon guru, seminar ini sangat membantu mereka ketika berhadapan anak didik yang beragam persoalannya” demikian kata Amalia disela-sela acara.

Sementara itu,Wiwik Pratiwi, M.Pd, yang juga sebagai panitia pelaksana sekaligus dosen di FITK ini menyebut bahwa konselor bukanlah semata-mata dari guru Bimbingan Konseling. “Namun dia (konselor) juga bisa dari tenaga pendidik dari bidang keilmuan berbeda asalkan mampu memposisikan dirinya sebagai teman curhat, berbagi rasa, sekaligus teman untuk mencari alternatif pemecahan masalah yang dihadapi siswa”

Pada kegiatan yang bertema “Impact Counseling for Effective Counseling”, hadir pembicara yakni Meiske Puluhulawa, Bk, praktisi sekaligus dosen Bimbingan konseling dan Sekretaris Jurusan di Universitas Negeri Gorontalo.

Fungsi konseling di dunia pendidikan cukup tinggi, kata Meiske. “Itu sebabnya seorang guru harus bisa berperan sebagai konselor yang  mampu mengarahkan siswanya menghadapi berbagai permasalahan, sekaligus memberi solusi dalam memilih bidang atau karier yang sesuai dengan keinginan juga kemampuan siswanya.  

Usai kegiatan Sri Yunita Taligansing, M.Pd menyampaikan bahwa seminar seperti dijadwalkan dihelat setiap semester guna meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mahasiswa ketika terjun ditengah masyarakat. Hal senada juga diutarakan oleh Siti Rahmawati Talango, M.Pd. “Menghadapi anak didik itu tidak mudah. Pelatihan hari ini salah satunya dimaksdkan supaya mahasiswa bisa menangkap apa masalah yang dialami siswanya dan bagaimana cara membantu mereka mencari solusi. Insya Allah pelatihan menjadi bekal mereka di dunia kerja". Baik Sri Yunita maupun Siti Rahmawati adalah dosen pengajar di FITK IAIN Sultan Amai Gorontalo.


Berita Terkait

Komentar via Facebook

Kembali ke atas