Launching Repository Perpustakaan IAIN Sultan Amai Gorontalo


Kamis, 07 Februari 2019

Ramli Y. I.

Perpustakaan

Dibaca: 283 kali

Perubahan teknologi informasi secara global, berpengaruh pada eksistensi perpustakaan sebagai sistem penyebaran informasi. Aliran informasi yang cepat itu perlahan menggeser pola perpustakaan dari bentuk perpustakaan konvensional ke arah digital online.

Pergeseran dari konvensional ke digital online yang dialami perpustkaan seantero jagad sama persis dengan apa yang terjadi dengan Perpustakaan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Amai Gorontalo.

Jika pada awalnya perpustakaan IAIN Sultan Amai Gorontalo.hanya lembaga yang menyimpan dan menyebarluaskan informasi dalam bentuk buku atau kertas, maka perkembangan teknologi yang cepat merubah perpustakaan IAIN Sultan Amai Gorontalo.kedalam bentuk Repository.

Repository Perpustakaan IAIN Sultan Amai Gorontalo dilaunching pada Kamis, 7 Februari 2019 dihadapan peserta Bimbingan Teknik (Bimtek) Statistik Perpustakaan 2019, para Pustakawan dan kepala Perpustakaan Kabupaten/Kota, Ketua Ikatan Pustakawan, Kepala Perpustakaan Perguruan Tinggi Propinsi Gorontalo serta Rektor dan jajaran pejabat di IAIN Sultan Amai Gorontalo

Dalam sambutannya, Ketua Peprpustakaan IAIN Sultan Amai Gorontalo, Drs. H. Ramoend Manahung, M.Sos.I menyampaikan, “Repository dapat dipahami sebagai gudang, perpustakaan atau suatu lembaga tempat penyimpanan data, baik data dalam bentuk fisik (kertas, buku, hasil cetakan) maupun dalam bentuk digital”

“Repository merupakan layanan format digital yang ditawarkan oleh perpustakaan IAIN Sultan Amai Gorontalo kepada civitas akademika. Karya-karya keilmuan seperti e-prints, laporan teknis, Skripsi, Tesis, Disertasi, data set, serta bahan ajar akan dinikmati oleh pengguna perpustakaan sudah dalam bentuk digital” kata Ampauleng (Pustakawan sekaligus Ketua Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Propinsi Gorontalo)


Berita Terkait

Komentar via Facebook

Kembali ke atas