Dirjen Pendis Kemenag RI Resmi Buka Raker IAIN Sultan Amai Gorontalo


Gorontalo - Direktur Jenderal Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama R.I. Prof. Dr. Phil. H. Kamaruddin Amin, MA secara resmi membuka kegiatan Rapat Kerja Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Amai Gorontalo Tahun 2019 dengan tema “Meneguhkan Peran IAIN Sultan Amai Gorontalo Dalam Mewujudkan Moderasi, Kebersamaan dan Integritas Data" berlangsung di Ballroom Grand Q Hotel Kota Gorontalo. Jumat (1/2-19)

Raker yang diselenggarakan selama dua hari dari tanggal 1-2 Maret 2019 tersebut dihadiri oleh 103 peserta diantaranya Rektor, para Wakil Rektor, Direktur serta Wakil Direktur Pascasarjana, Kepala Biro AUAK, anggota senat, para Dekan, Wakil Dekan, para Kepala Lembaga, para Ketua Unit, para Ketua Jurusan, Sekretaris Jurusan, Kepala Bagian dan Kepala Sub Bagian di lingkungan IAIN Sultan Amai Gorontalo, dari unsur pemerintah, dan perwakilan mahasiswa.

Prof. Dr. Phil. H. Kamaruddin Amin, M.A., selaku Dirjen Pendis Kemenag RI dalam materinya menyampaikan, ada tiga tugas besar yang diemban oleh perguruan tinggi keagamaan Islam. Pertama mempersiapkan SDM yang berkualitas, bermutu dan berakhlak; dalam artian tidak hanya pintar namun juga mampu bersaing dengan bangsa lain dalam bingkai keIslaman. Kedua Mempertahankan dan merawat Islam Indonesia yakni Islam yang damai, toleran, demokratis terhadap keberagaman yang ada di bangsa Indonesia, “bayangkan jika lulusan PTKIN tidak moderat?, atau PTKIN tidak mampu menangkal paham-paham agama yang ekstrim.”

Selanjutnya yang ketiga, mentransformasi atau melakukan objektivikasi pengetahuan keagamaan menjadi perilaku keagamaan. “Tidak hanya mencetak sarjana yang tahu, tetapi bisa dilakukan dalam praktek sehari-hari, tugas PTKIN yang tidak mudah. Bagaimana menkorelasikan perencanaan dengan tugas fundamental PTKIN diatas,” harap Kamaruddin.

Sementara itu Rektor IAIN Sultan Amai Gorontalo Dr. Lahaji Haedar M.Ag menyampaikan, kegiatan Raker ini meninadaklanjuti kebijakan-kebijakan yang telah dihasilkan dari Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Kementerian Agama Republik Indonesia. Rektor berharap kegiatatan raker tahun ini diharapkan bisa melahirkan program-program yang unggul untuk pengembangan IAIN Sultan Amai Gorontalo ke depan.

Lebih lanjut pria yang pernah menjabat Ketua Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) IAIN Sultan Amai Gorontalo itu menambahkan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Amai Gorontalo terus bertekad dan menaruh optimisme untuk menjadi Universitas Islam Negeri (UIN). "Berbagai kesiapan dan langkah dilakukan untuk memenuhi sarat alih status tersebut, mulai pembenahan infrastruktur, peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) hingga akreditasi lembaga." Pumgkas Lahaji

Sementara itu Wakil Rektor II Dr. Ahmad Faisal, M.Ag yang merupakan ketua panitia pada kegiatan ini menyampaikan, rapat kerja merupakan momentum strategis untuk melakukan evaluasi pemantapan sekaligus perencanaan serta peningkatan mutu perguruan tinggi. "Raker ini akan membahas persiapan bidang-bidang akademik, administrasi dan keuangan, kemahasiswaan dan pengembangan dan kerjasama" Ucap Faisal.

Lebih Lanjut Dr. Ahmad Faisal menambahkan adapun yang akan menjadi pemateri pada Rapat Kerja tahun ini adalah, Direktur Jenderal Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI. Prof. Dr. Phil. H. Kamaruddin Amin, MA., Kepala Biro Perencaanaan Kementerian Agama RI Dr. Ali Rokhmad, M.Pd.,Kepala Bagian Perencanaan pada Sekertariat Dirjen Pendis H. Ridwan, M.Pd.I, dan beberapa pemateri dari IAIN Sultan Amai Gorontalo. (Aadum)


Berita Terkait

Komentar via Facebook

Kembali ke atas