IMPLEMENTASI PROGRAM AGRO POTUMBULO DALAM PENINGKATAN KESEJAHTERAAN PETANI DI KEC. TELAGA BIRU KAB. GORONTALO PROPINSI GORONTALO


Oleh:

Sofhian, SE.I., MA

Nova Effenty Muhammad, S. Ag., M. HI

 

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT

INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN)

SULTAN AMAI GORONTALO

 

ABASTRAK

 

Sofhian & Nova Effenty Muhammad dengan judul penelitian Implementasi Program Agro Potumbulo dalam Peningkatan Kesejahteraan Petani di Kec. Telaga Biru Kab. Gorontalo Propinsi Gorontalo”.

Kata Kunci : Implementasi Program, Agro Potumbulo, Kesejahteraan,

 

Seiring dengan banyaknya program pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat maka semakin banyak pula inovasi yang di lakukan oleh pemerintah, salah satu inovasi yang dilakukan oleh pemerintah kabupaten Gorontalo adalah dengan cara mendirikan lembaga BUMDes yang di namakan PT Agro Potombulo yang salah satu tugasnya/perannya adalah melakukan program kemitraan lahan (mentake over tradisi pohulo’o masyarakat) oleh sebab itu peneliti merasa tertarik untuk mengetahui sejauh mana peran Agro Potombulu dalam mensejahterakan masyarakat petani dengan mengambil alih tradisi pohulo’o pada masyarakat petani di Kecamatan Telaga Biru Kabupaten Gorontalo, kendala apa yang dihadapi oleh Agro Potombulu terhadap tradisi Pohulo’o masyarakat yang ada di Kec. Telaga Biru Kab. Gorontalo.

            Penelitian ini dilakukan di Desa Lupoyo dan Dumati Kecamatan Telaga Biru Kabupaten Gorontalo. Dan yang menjadi informan penelitiannya adalah Pegawai PT Agro Potombulo dan masyarakat di dua desa tersebut. Informan di desa tersebut dambil karena dari sekian banyak desa yang ada di Kec. Telaga Biru namun Desa Lupoyo dan Desa Dumati yang terbanyak melakukan take over terhadap lahan pertanian sehingga dianggap cukup representative untuk dijadikan sebagai sampel penelitian.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program Agro Potombulu Kecamatan Telaga Biru dalam upaya meningkatkan kesejahteraan petani mendapatkan respon yang sangat baik dari masyarakat. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya masyarakat yang ingin bergabung dan bekerjasama dengan PT Agro Potombulu. Sebagai Badan Usaha Milik Desa  (BUMdes) yang bergerak dibidang pertanian, PT Agro Potombulu melalui Program kemitraan lahan (mentake over lahan pertanian) sudah mampu meningkatkan kesejahteraan petani walaupun belum disemua lapisan masyarakat petani di Kecamatan Telaga Biru. Kesejahteraan petani dapat diukur melalui beberapa indikator antara lain kembalinya lahan pertanian sebagai obek pencarian nafkah, kebutuhan primer seperti makanan, pakaian, perumahan, pendidikan dan perawatan kesehatan sudah dapat terpenuhi. Dan Kendala yang dihadapi PT Agro Potombulu Kecamatan Telaga Biru dalam upaya meningkatkan kesejahteraan petani adalah 1).Terbatasnya modal dan SDM yang dimiliki oleh PT Agro Potombulu. 2).Banyaknya pesaing PT Agro Potombulu seperti tengkulak, pedagang pupuk, dan gilingan padi. 4).Tingkat kesadaran masyarakat dalam melunasi kredit pengalihan lahannya masih sangat kurang, hal tersebut ditandai dengan masih banyaknya kredit yang belum dilunasi oleh masyarakat.

Selengkapnya: IMPLEMENTASI PROGRAM AGRO POTUMBULO DALAM PENINGKATAN KESEJAHTERAAN PETANI  DI KEC. TELAGA BIRU KAB. GORONTALO PROPINSI GORONTALO


Berita Terkait

Komentar via Facebook

Kembali ke atas