PREFERENSI, SIKAP DAN PRILAKU ASN TERHADAP PERBANKAN SYARIAH (Studi Analisis pada ASN Dosen IAIN Sultan Amai Gorontalo)


Di Susun Oleh:

Dr. Sofhian, SE. I., MA

FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM

INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN)

SULTAN AMAI GORONTALO

2016

Latar Belakang

Aparatur Sipil Negara adalah merupakan organ pemerintah yang dipekerjakan untuk mengabdi dan melayani masyarakat secara umum, termasuk ASN yang ada di lingkungan IAIN Sultan Amai Gorontalo yang mempunai peranan sangat penting dalam sebuah Perguruan  Tinggi Islam yaitu. IAIN Sultan Amai Gorontalo terdiri dari 4 Fakultas yaitu Fakultas Ilmu Pendidikan dan Keguruan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Fakultas Syariah, dan Fakultas Ushuluddin  dan Dakwah.  IAIN Sultan Amai Gorontalo khususnya Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam membuka sebuah program studi baru di dunia perguruan tinggi Islam saat ini, yaitu prodi Perbankan Syariah sebagai penyedia sumber daya manusia pelaku perbankan dengan alasan kebaruanya tersebut perbankan syariah mulai dikembangkan oleh Perguruan Tinggi yang membutuhkan pembelajaran ilmu ekonomi Islam.

Jumlah Dosen IAIN Sultan Amai Gorontalo sekarang ini  terdiri dari 132 orang yang terkategori ASN,[1] dengan latar belakang pendidikan yang berbeda, baik pendidikan umum maupun pendidikan Islam, masing-masing dosen mempunyai persepsi berbeda dalam memandang perbankan. Dari keseluruhan jumlah dosen IAIN Sultan Amai Gorontalo yang kurang lebih berjumlah 132 orang mempunyai kecenderungan yang berbeda pula dalam memilih dan menggunakan jasa perbankan syariah, dengan berbagai alasah masing-masing.

Keberadaan Perbankan syariah berdampak langsung pada sebuah perguruan Tinggi Islam yaitu IAIN Sultan Amai Gorontalo, Khususna pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam dengan demikian terjadi pemahaman yang berbeda masing-masing dosen. Para dosen sudah banyak mengetahui tentang adanya bank syariah maka sudah selayaknya jika para dosen cenderung memilih menggunakan jasa perbankan syariah yang sering mengkaji tentang produk-produk perbankan syariah, jadi dengan adanya pengetahuan tentang perbankan syariah tersebut sangat mempengaruhi sikap dosen terhadap produk-produk perbankan syariah sehingga akan menjadi sangat wajar apabila sebagian dosen mampu mensikapi produk-produk perbankan syariah. Perilaku dosen terhadap perbankan syariah ini dapat dilihat dari dua aspek yaitu aspek tabungan dan aspek pembiayaan, apakah bersedia untuk menabung di bank syariah tanpa ragu sedikitpun atau tidak berhubunhan dengan perbankan syariah sama sekali. Pada sisi tabungan dan pembiayaan nantinya akan terlihat pemahaman tentang sistem perbankan syariah yang mempunyai sifat komprehenship.

 

Selengkapnya: PREFERENSI, SIKAP DAN PRILAKU ASN TERHADAP PERBANKAN SYARIAH (Studi Analisis pada ASN Dosen IAIN Sultan Amai Gorontalo)


Berita Terkait

Komentar via Facebook

Kembali ke atas