Seminar Simulasi Rukyatul Hilal Awal Ramadhan 1440 H


Pusat Studi dan Kajian Ilmu Falak (PUSKIF} Fakultas Syriah Institut Agama ISlam Negeri (IAIN) Sultan Amai Gorontalo menyelenggarakan seminar Simulasi Rukyatul Hilal Awal Ramadhan 1440 H. Seminar yang berlangsung sehari tersebut diikuti oleh mahasiwa Fakultas Syriah dan beberapa unsur civitas akademika di lingkungan IAIN Sultan Amai Gorontalo.

Wakill Dekan II Fakultas Syariah Dr. Rizal Darwis, M.HI menyambut baik kegiatan yang mengangkat yang berlangsung di ruang auditorium Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Kampus 1 kota Gorontalo. "Apresiasi saya kepada PUSKIF Fakultas Syariah atas upayanya memberi muatan kepada mahasiswa tentang Rukyatul Hilal Awal Ramadhan. katanya sebelum membuka acara.

Sementara itu ketua Pusat Studi dan Kajian Ilmu Falak Fakultas Syariah, Nursodik, MH menyebutbahwa seminar itu selain menambah wawasan tentang Rukyatul Hilal juga agar civitas akademika menjadi pencerah bagi masyarakat yang sering berbeda pendapat mengenai penetapan awal Ramadhan maupun 1Syawal. "Simulasi tepat dilaksanakan di tengah ragam pendapat mengenai penetapan awal Ramadhan dan 1 Syawal. Supaya mahasiwa menjadi pencerah bagi persoalan ini" tambahnya.

Adapun yang menjadi pemateri adalah para dosen yang kompoten di bidang Rukyatul Hilal dan hukum yang terkait dengannya. Mereka adalah Drs.Safrudin Katili, M.Pd.I, (dosen Ilmu Falak) Arifin Ponegoro, MA (Dosen Tafsir dan Ilmu Hadist) dan Nursodik, M.HI (dosen Ilmu Falak dan Hukum Islam). Ketiganya merupakan dosen tetap di IAIN Sultan Amai Gorontalo. 

 

 


Berita Terkait

Komentar via Facebook

Kembali ke atas