Kajian Keislaman Ramadhan oleh Fakultas Ushuluddin dan Dakwah


Fakultas Ushuluddin dan Dakwah (FUD) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Amai Gorontalo menggelar kajian agama di bulan Ramdhan 1440 Hijriah. Kegiatan tersebut merupakan gagasan Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama, Dr. Kamaruddin, M.Fil.I, dan kemudian diselenggaran oleh Organisasi Mahasiswa (Ormawa) FUD.

Kegiatan yang digelar sejak tanggal 8 hingga 21 Mei 2019 itu mengambil tempat di llantai atas auditorium FUD. Sedangkan tema-tema kajian yang angkat antara lain: I'tikaf, Thahara, Sholat dan Rukunnya,Kaidah Sholat Sunat, Zakat, Kitab Jenazah, Kitab Nikah,Pentingnnya Silaturrahmi, dan Keistimewaan Membaca al Qur'an.

Adapun yang menjadi pemateri pada acara yang dihelat setiap hari sesudah Dzuhur adalah Ustad BAsri, S.Th.I, M.Hum, Ustad Roni,M.Ag serta beberapa dosen Fakultas Ushuluddin dan Dakwah lainnya yang memang konsentrasi keilmuan mereka di bidang agama Islam.

Menurut Wadek III bahwa kegiatan ini sangat penting untuk membangkitkan nilai spritualisme mahasiswa di tengah degradasi moral yang makin kuat ancamannya. "Kita berada di jaman yang penuh tantangan. Dan saya kira tantangan terbesar adalah makin kuatnya imprealisme pemikiran Barat yang mengintai akidah generasi Muda Islam"

Tambahnya lagi, "Muatan-muatan keislaman yang kami hadirkan dalam Kajian Ramadhan ini insya Allah menjadi benteng mereka dalam menghalau ancaman tersebut. Dengan ilmu agama kelak akan membangkitkan keimanan mereka sehingga mereka pun akan tahu mana yang baik dan mana yang layak dijauhi"


Berita Terkait

Komentar via Facebook

Kembali ke atas