Ujian Komprehensif Pascasarjana


Ujian Komprehensif adalah ritual akademik untuk mengetahui kemampuan mahasiswa dalam memahami dan mengembangkan materi-materi perkuliahan yang telah mereka terima selama mengenyam pendidikan di bangku kuliah.

"Ujian Komprehensif selain sebagai tolak ukur kemampuan mahasiswa, juga merupakan standar keilmuan yang dikuasai oleh mahasiswa sebelum melanjutkan ke tahap ujian akhir (Thesis). Sehingga mahasiswa yang lulus dari Pascasarjana dipastikan memiliki kemampuan yang sama dalam bidang yang dipersayaratkan" Kata Dr. Kasim Yahiji, M.Ag 

Pernyataan diatas disampaikan oleh Direktur Pascasarjana Insitut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Amai Gorontalo saat membuka Ujian Komprehensif pada Jum'at, 10 Mei 2019 atau bertepatan dengan tanggal 5 Ramadhan 1440 Hijriah. Acara pembukaan tersebut berlangsung di halaman Pascasasjana.

Ujian Komprehensif diikuti oleh mahasiswa Pascasasjana dari 3 Program Studi (Prodi), yaitu Prodi Pendidikan Agama ISlam (PAI), Prodi Akhwalus Syasiah (AS) dan Prodi Manajemen Pendidikan Islam (MPI). Keseluruhan peserta ketiga Prodi berjumlah 50 orang, dengan rincian: PAI 14 peserta, AS 24 peserta, dan MPI 22 peserta.

Ujian tersebut akan dilaksanakan dalam dua tahap yaitu tertulis dan ujian lisan. Ujian tulis dimulai usai pembukaan hingga besoknya, hari Sabtu, sedangkan ujian lisan akan digelar seminggu kemudian, juga selama dua hari, Jum'at, 17 Mei dan Sabtu, tanggal 18 Mei 2019.


Berita Terkait

Komentar via Facebook

Kembali ke atas