354 Calon Wisudawan FITK Mengikuti Ujian Komprehensif


Sebanyak 354 mahasiswa Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Amai Gorontalo melaksanakan ujian komprehensif, Senin, 20 Mei 2019 bertempat di ruang ujian FITK kampus 1 Kota Gorontalo.

354 mahasiswa  tersebut berasal dari 6 Program Studi (Prodi) di lingkungan FITK. Enam Prodi yang dimaksud adalah Prodi endidikan Agama Islam (PAI), Prodi Manajemen Pendidikan Islam (MPI), Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI, Prodi Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD), Prodi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) dan Prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA)

Pada ujian Komprehensif kali ini Prodi MPI menyumbang peserta terbanyak, ya'ni 134 mahasiswa, disusul oleh PAI 107, PGMI 44, PIAUD 31, TBI 27 dan yang terakhir Prodi PBA dengan jumlah mahasiswa 27.

Adapun bidang ilmu yang diuji adalah Metodlogi Studi Islam (MSI), Ilmu Pendidikan Islam (IPI) serta bidang-bidang keilmuan yang berbasis Jurusan. "Inshaa Allah keilmuan umum yaitu MSI secara serentak digelar pada hari Senin dan Selasa, IPI pada Rabu dan Kamis sementara yang berbasis Jurusan akan dilaksanakan pada hari Jum'at" Kata Yusda Pasisingi, S.Kom, Operator Siak MPI sekaligus Panitia Pelaksana Ujian Komprehensif.  

Setiap peserta diwajibkan lulus membaca al Qur'an yang dilaksanakan oleh penguji pada awal ujian. "Membaca al Qur'an secara fasih merupakan keharusan bagi calon wisudawan. Maka di ujian Komprehensif inilah momentum untuk memastikan bahwa mahasiswa kita mahir membaca kitab suci" tutur Irma Punirma Niha, SE,  yang juga  operator Siak PAI dan Panitia Pelaksana.


Berita Terkait

Komentar via Facebook

Kembali ke atas