Aktivitas Pembelajaran Aktif Dalam Pengajaran Reading Comprehension Melalui Metode STAD: Penerapan Dan Penilaian


Harni Jusuf

Abstrak

STAD merupakan salah satu tipe dari pembelajaran koopetatif yang menekankan pada adanya aktivtias dan interaksi di antara siswa untuk saling memotivasi dan saling membantu dalam menguasai materi pelajaran guna mencapai prestasi yang maksimal, sehingga sangat bagus diterapkan pada mata pelajaran bahasa Inggris atau matakuliah Reading. Artikel ini bertujuan untuk membahas aktivitas pembelajaran aktif dalam pengajaran reading comprehension melalui metode STAD yang difokuskan pada penerapan dan penilaiannya. Adapun jenis reading yang diajarkan adalah extensive reading, dengan fokus genre nya adalah persuasive writing. Pada persuasive writing ini mahasiswa diharapkan mampu untuk membedakan antara fakta (fact) dengan opini (opinion. Pada saat presentasi kelas yang dilaksanakan oleh pendidik atau dosen, peserta didik dan mahasiswa bisa dinilai bisa dinilai dari segi partisipasi, kontribusi, dan keaktifannya di kelas. Ada 2 hal yang bisa dinilai pada saat peserta didik atau mahasiswa sedang terlibat dalam kerja tim, yaitu diskusi dan presentasi kelompok (jika ada). Selanjutnya perhitungan skor kelompok dilakukan dengan cara menjumlahkan masing-masing perkembangan skor individu dan hasilnya dibagi sesuai jumlah anggota kelompok. Pemberian skor kelompok dihitung dengan cara membuat rata-rata skor perkembangan kelompok, yaitu dengan menjumlahkan semua skor perkembangan individu anggota kelompok dan membagi sejumlah anggota kelompok tersebut. Sebelum mengakhiri pelajaran hendaknya memberikan penghargaan kepada kelompok berdasarkan kategori atau kualifikasi perolehannya.

Kata kunci: aktivitas, pembelajaran aktif, reading comprehension, STAD

Selengkapnya: Aktivitas Pembelajaran Aktif Dalam Pengajaran Reading Comprehension Melalui Metode STAD: Penerapan Dan Penilaian


Berita Terkait

Komentar via Facebook

Kembali ke atas