Rektor Hadiri Seminar Nasional: Pengisian Jabatan Kabinet Dalam Penguatan Sistem Presidensiil


Selasa, 09 Juli 2019

Azis Dumbi

Kolom Rektor

Dibaca: 26 kali

Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Amai Gorontalo, Dr. Lahaji, M.Ag, menghadiri seminar nasional yang mengangkat tema "Pengisian Jabatan Kabinet Dalam Penguatan Sistem Presidensiil" dengan pembicara Prof. Moh. Mahfud, MD.

Seminar Nasional yang dilaksanakan oleh Asosiasi Pengajar Hukum Tata Negara dan Hukum Administrasi Negara (APHTN-HAN) yang menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke-4 di Provinsi Gorontalo, didibuka oleh Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim di Hotel Damhil Kota Gorontalo, Sabtu (6/7/2019).

Dalam sambutannya Idris mengutarakan, pelaksanaan Rakernas dan seminar nasiolan APHTN-HAN memiliki manfaat yang sangat besar khususnya bagi para pengajar dan mahasiswa di Provinsi Gorontalo. 

Menurutnya dengan mempelajari Hukum Tata Negara (HTN) dan Hukum Administrasi Negara (HAN), peserta seminar akan lebih memahami tugas dan fungsi setiap lembaga negara, serta hubungan antara warga negara dan pemerintah.

“Pastinya dengan kegiatan ini pengetahuan kita akan bertambah, apalagi pematerinya adalah pakar-pakar hukum nasional yang sarat dengan pengalaman,” ujarnya.

Ketua Umum APHTN-HAN Indonesia, Mahfud MD dalam sambutannya menjelaskan bahwa dari sudut kuantitas, organisasi yang dipimpinnya itu memang kecil. APHTN-HAN tidak berada di setiap provinsi, saat ini baru terbentuk di 15 provinsi.

“Pengajar HTN itu agak langka. Di Gorontalo ada beberapa dosen HTN, tetapi di setiap perguruan tinggi tidak banyak. Walaupun kecil, tapi dari sini pernah lahir orang-orang besar dalam penegakkan HTN di Indonesia. Dulu ada Prof. Ismail Suny, beliau adalah profesor dan doktor HTN yang pertama di Indonesia,” tutur Mahfud.

Pada pembukaan Rakernas dan seminar nasional APHTN-HAN yang berlangsung selama tiga hari, 6-8 Juli 2019 tersebut dilakukan penandatanganan kesepakatan kerja sama di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat dalam bidang HTN dan HAN antara APHTN-HAN dengan empat perguruan tinggi di Gorontalo, yaitu IAIN Sultan Amai Gorontalo, Universitas Negeri Gorontalo, Universitas Muhammadiyah Gorontalo, serta Universitas Gorontalo.


Berita Terkait

Komentar via Facebook

Kembali ke atas