PENGARUH KOMUNIKASI EFEKTIF TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI DINAS PERHUBUNGAN INFOKOM KOTA GORONTALO


Andi Mardiana

PENGARUH KOMUNIKASI EFEKTIF TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI DINAS PERHUBUNGAN INFOKOM KOTA GORONTALO

Latar Belakang Masalah
Dalam suatu organisasi diperlukan suatu sistem yang dapat menunjang kinerja organisasi tersebut. Pencapaian tujuan organisasi memerlukan kerjasama yang baik antar komponen di dalamnya. Kerjasama terbentuk karena adanya kesatuan persepsi tentang apa yang akan dicapai. Untuk itu diperlukan sekali adanya komunikasi yang baik antar anggota didalamnya, peran komunikasi dalam suatu organisasi dapat menciptakan hubungan kerja yang kondusif dalam rangka pencapaian tujuan organisasi.
Melalui komunikasi maka dapat memberikan keterangan tentang pekerjaan yang membuat pegawai dapat bertindak dengan rasa tanggung jawab pada diri sendiri dan pada waktu bersamaan dapat mengembangkan Kinerja organisasi (Wursanto, 2002:60). Adanya kerjasama yang harmonis ini diharapkan dapat meningkatkan Kinerja para pegawai karena komunikasi berhubungan dengan keseluruhan proses pembinaan perilaku manusia dalam organisasi.
Kinerja dalam organisasi dapat mempengaruhi hasil kerja dan pencapaian tujuan komunikasi dan hubungan kerja yang terjadi dalam suatu instansi berkaitan dengan semangat melaksanakan pekerjaan. Komunikasi yang efektif dapat mencapai saling pengertian antara pegawai dan pimpinan sehingga terbentuk kondisi sosial yang dapat memotivasi pegawai untuk meningkatkan produktivitas kerjanya.
Kinerja disini adalah pegawai secara lebih giat melaksanakan tugas-tugasnya, sehingga pekerjaan akan dapat diselesaikan lebih cepat dan lebih baik (Nitisemito, 2022:24). Komunikasi merupakan faktor utama untuk meningkatkan Kinerja. Dengan Kinerja yang tinggi pegawai akan dapat bekerja dengan perasaaan senang dan bergairah sehingga mereka dapat berprestasi kerja dengan baik, sebaliknya apabila pihak pimpinan kurang memperhatikan bawahannya maka semangatnya akan turun karena pegawai merasa kurang mendapat perhatian dari pimpinan dan adanya rasa segan terhadap pimpinan. Dengan demikian diperlukan hubungan timbal balik antara atasan dan bawahannya. Jadi komunikasi sangat diperlukan dalam pelaksanaan pekerjaan dan pembinaan perilaku pegawai sebagai motivasi untuk meningkatkan Kinerja pegawai sebagai proses dalam suatu pekerjaan akan terasa lebih mudah dan tujuan organisasi akan dapat tercapai.
Adapun komunikasi yang sering di gunakan pada Dinas Perhubungan Infokom Kota Gorontalo hanya komunikasi ke bawah yang dilakukan pimpinan kepada bawahannya, berupa perintah, instruksi tugas dan informasi, sedangkan komunikasi ke atas dari pegawai kepada pimpinan hanya sesekali dilakukan bila pegawai membutuhkan informasi dari pimpinan, hal ini di sebabkan karena kurang beraninya bawahan dalam menyampaikan kritik dan saran kepada atasan. Kurang seringnya komunikasi antara atasan dan bawahan menyebabkan komunikasi yang terjadi pada Dinas tersebut kurang efektif. Kurang efektifnya komunikasi menyebabkan berkurangnya Kinerja pegawai, karena Kinerja pegawai dipengaruhi oleh hubungan yang harmonis antara atasan dengan bawahan agar tercipta hubungan timbal balik antara atasan dengan bawahan.
Dengan latar belakang inilah sehingga penulis tertarik ingin mengetahui lebih lanjut dengan mengadakan penelitian yang berjudul “Pengaruh Komunikasi Efektif Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Perhubungan Infokom Kota Gorontalo”


Selengkapnya: PENGARUH KOMUNIKASI EFEKTIF TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI DINAS PERHUBUNGAN INFOKOM KOTA GORONTALO


Berita Terkait

Komentar via Facebook

Kembali ke atas