PENANGANAN PENGADUAN MASYARAKAT DALAM PROGRAM PAMSIMAS DI KABUPATEN GORONTALO


Andi Mardiana

PENANGANAN PENGADUAN MASYARAKAT DALAM PROGRAM PAMSIMAS DI KABUPATEN GORONTALO 
   
Abstrak 
Artikel ini berusaha menyajikan betapa perlunya dibentuk unit pengaduan masyarakat (UPM) dalam suatu program, ini merupakan salah satu cara menghindari terjadinya ekses negatif  serta menjaga citra penyelenggara program, oleh karena itu perlu diselenggarakan sistem penanganan pengaduan.
Sistem ini pada dasarnya akan berperan sebagai pranata komunikasi antara penyelenggara program Pamsimas dengan target group dan pemangku kepentingan lainnya terutama dalam penanganan pengaduan masyarakat. karena dengan  tertanganinya secara baik pengaduan masyarakat maka akan mengurangi komplik dan meningkatkan kepercayaan terhadap pengelolah suatu program.
Dan ini terbukti dalam pelaksanaan Program Pamsimas di Kabupaten Gorontalo berhasil dengan baik berkat tertanganinya dengan baik pengaduan dari semua komponen masyarakat.  
Kata Kunci: Penanganan, pengaduan, pamsimas.

Baca selengkapnya: PENANGANAN PENGADUAN MASYARAKAT DALAM PROGRAM PAMSIMAS DI KABUPATEN GORONTALO 


Berita Terkait

Komentar via Facebook

Kembali ke atas