UANG DALAM EKONOMI ISLAM


Andi Mardiana

UANG DALAM EKONOMI ISLAM

Abstrak
Artikel ini memberikan gambaran tentang uang dalam ekonomi Islam yang secara umum, semua mata uang akan berfungsi sama. Sebagai alat tukar,satuan hitung, penyimpan nilai, dan sebagai alat penundaan pembayaran. 
Namun ada satu hal yang sangat berbeda dalam memandang uang antara sistem kapitalis dengan sistem Islam. Dalam sistem kapitalis, uang tidak hanya sebagai alat tukar yang sah, melainkan juga sebagai komoditas.
Menurut sistem kapitalis, uang juga dapat diperjualbelikan dengan kelebihan baik on the spot maupun secara tangguh. Dalam Islam, uang hanyalah sebagai medium of exchange. Ia bukan suatu komoditas yang bisa diperjualbelikan. Satu fenomena penting dari karakteristik uang adalah uang tidak diperlukan untuk dikonsumsi, ia tidak diperlukan untuk dirinya sendiri. Melainkan diperlukan untuk membeli barang yang lain sehingga kebutuhan manusia dapat terpenuhi.
Uang adalah standar kegunaan yang terdapat pada barang dan tenaga. Karena itu, uang didefinisikan sebagai sesuatu yang digunakan untuk mengukur setiap barang dan tenaga. 
Kata Kunci: Uang, Ekonomi, Islam 

Baca selengkapnya: UANG DALAM EKONOMI ISLAM


Berita Terkait

Komentar via Facebook

Kembali ke atas