Syair Syahdu Dekan Untuk Mahasiswa Baru Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam


Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Amai Gorontalo ‘menghadiahkan’ syair kepada 227 mahasiswa baru tahun Akademik 2019/2020. Syairnya berintikan ucapan selamat datang di FEBI, sekaligus meneguhkan tekad mahasiswa baru untuk meraih cita-cita setinggi mungkin.

Syair tersebut disampaikan Dr. Muhibuddin, M.Si, ketika membuka resmi Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) di  gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) kampus 2 Limboto kabupaten Gorontalo, 22 Agustus, Kamis pagi.

Pembukaan PBAK yang berlansung sehari penuh itu dihadiri oleh para pejabat tinggi teras atas Fakultas seperti, para Wakil Dekan, Ketua-ketua dan Sekretaris Jurusan, dosen, Kepala dan Sub Bagian fakultas, staf bagian Umum dan Akademik, panitia PBAK serta seluruh warga Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.

Seraya memberi nasihat, Muhibuddin dengan akrab membacakan deretan syairnya. 

Kumulai dari diri sendiri

Kumulai dari yang paling kecil

Takkan pernah salahkan orang lain

Lebih baik salahkan diri sendiri

Mahasiswa baru serta merta tepuk tangan meriah terlebih syair tersebut disampaikan oleh Dekan dalam senandung yang merdu. Bahkan Dr. Muhibuddin mengundang salah satu mahasiswa baru kedepan untuk mendendangkan syair syahdu penuh makna itu secara bersama.

Syair itu, menurut Dekan, adalah ajaran mulia yang diwariskan orang terdahulu untuk  mengajarkan kita bagaiman cara memulai sesuatu dari hal yang paling kecil namun membawa manfaat bagi banyak orang.

"Dengan syair ini kita diingatkan untuk jangan takut memulai berjuang sekalipun itu dari hal yang kita anggap paling kecil. Jangan membuang waktu percuma saat ingin mengejar harapan. Segerakan perjuangan. Jangan tunda hingga orang lain memporak-porandakan asa kalian" pinta Dekan

Sambungnya lagi, "Setelah merintis perjuangan, perbanyaklah mengintropeksi diri sendiri sambil berusaha untuk tidak sibuk dengan kesalahan orang lain. Jika kalian sibuk mengurusi aib dan kelalaian orang lain maka kalian kehabisan waktu memperbaiki diri kalian sendiri. Karena pada hakekatnya kalian juga tak luput dari salah"

Selaian itu, dalam sambutannya Dekan menyampaikan eksistensi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam yang tidak hanya berupaya dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi namun juga bekerja keras untuk menghasilkan lulusan yang cerdas secara moral.

"FEBI tidak cuma ingin mencetak para lulusan yang unggul dalam ilmu pengetahuan dan teknologi atau lulusan yang berkualitas dan profesonal tetapi juga ingin mengintegrasikan antara moral mental dan intelektual bagi generasi penerus Bangsa dan Negara ini" ujar Dekan.

 


Berita Terkait

Komentar via Facebook

Kembali ke atas