IAIN CURUP JALIN KERJASAMA DENGAN IAIN SULTAN AMAI GORONTALO


Rabu, 19 Februari 2020

Azis Dumbi

Kolom Rektor

Dibaca: 114 kali

Dalam rangka membangun semangat kemitraan dan semangat kebersamaan untuk meningkatkan pengembangan kelembagaan, IAIN Curup bersepakat menjalin kerjasama dengan IAIN Sultan Amai Gorontalo. Jalinan kerjasama antara kedua lembaga perguruan tinggi keagamaan islam tersebut, tertuang dalam nota kesepahaman berupa Memorandum of Understanding (MoU) yang ditandatangani oleh Rektor IAIN Curup, Dr. Rahmad Hidayat, M.Ag, M.Pd dan Rektor IAIN Sultan Amai Gorontalo, Dr. H. Lahaji Haedar, M.Ag di Aula Rektorat Kampus II Limboto, Rabu, (19/2/20).

Kerjasama yang bertujuan untuk memanfaatkan kemampuan sumber daya yang dimilki oleh kedua belah pihak secara maksimal dan sebaik-baiknya, agar lebih berhasil dalam pembinaan dan pengembangan kedua lembaga, khususnya dalam pengembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi tersebut, juga dihadiri oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama IAIN Curup, Dr. Kusen, M.Pd dan turut dihadiri oleh para Wakil Rektor, Kepala Biro AUAK, Dekan dan para Pejabat lainnya dilingkungan IAIN Sultan Amai Gorontalo.

Mengawali sambutannya, Rektor IAIN Curup, Dr. Rahmad Hidayat, M.Ag, M.Pd tak lupa memberikan apresiasi atas pencapaian yang diraih oleh IAIN Sultan Amai Gorontalo yang telah lahirkan Tiga Guru Besar sekaligus.

“Atas nama civitas akademika IAIN Curup saya mengucapkan selamat atas kesuksessan yang telah dicapai. Dan mudah-mudahan ini akan memudahkan sekaligus mempercepat peningkatan alih status IAIN Sultan Amai Gorontalo menuju UIN”ucapnya

Rahmat Hidayat menjelaskan, dalam rangka meningkatkan pengembangan kelembagaan, IAIN Curup yang baru bertransformasi dari STAIN Ke IAIN pada Tahun 2018 memahami perlu adanya kolaborasi dengan PTKIN yang lain yang memilki gairah untuk bisa maju dan berkembang. Menurutnya diera saat ini sebuah lembaga tidak akan bisa besar sendirinya dengan cara mereka sendiri, maka IAIN Curup mencari beberapa PTKIN yang memilki gairah untuk bisa maju dan berkembang untuk membesarkan lembaga. Dan IAIN Sultan Amai Gorontalo termasuk dari sembilan IAIN yang akan ditingkatkan statusnya menjadi UIN maka yang menjadi rekomendasi adalah IAIN Sultan Amai Gorontalo.

“Dengan adanya MoU ini, jika dizinkan kami akan menerjunkan unit kerja tekhnis untuk berkolaborasi dengan IAIN Sultan Amai Gorontalo guna mempelajari visi misi sekaligus semangat serta gairah dari IAN Sultan Amai Gorontalo termasuk dari sembilan IAIN yang akan bertransformasi ke UIN. Diantaranya adalah bagaimana percepatan guru besar, bagaimana peningkatan mutu akademik dan hal-hal lain yang berkaitan dengan pengembangan lembaga.

“Tidak hanya itu tahun ini kita akan join riset, pengembangan jurnal, KKN Nasional dan KKN Internasional, dan jika IAIN Sultan Amai Gorontalo berkenan dan dianggap perlu kami menawarkan sharing tentang pengembangan perpustakaan”jelasnya

Sementara itu Rektor IAIN Sultan Amai Gorontalo, Dr. H. Lahaji Haedar, M.Ag menyambut baik kerjasama ini, menurutnya kerjasama ini penting guna untuk memaksimalkan serta memanfaatkan sumber daya yang dimilki oleh kedua lembaga demi untuk meningkatkan mutu dari sebuah lembaga.

“kerjasama ini penting dan IAIN Sultan Amai Gorontalo sangat mengapresiasi kemajuan serta peningkatan yang diraih oleh IAIN Curup yang Tahun 2018 baru bertransformasi ke IAIN, terutama dalam hal pengembangan Jurnal dan Perpustakaan dan ke depan akan ada kunjungan balik ke IAIN Curup”ujarnya

Ia berharap dengan adanya koraborasi antara IAIN Curup dengan IAIN Sultai Amai Gorontalo bisa bersinergi menjadi kolaborasi perguruan tinggi yang mumpuni.

“Harapannya, semoga lebih banyak lagi kerja sama yang akan terjalin antara kedua lembaga ini, baik dalam riset maupun penelitian, pengembangan jurnal, KKN Nasional dan KKN Internasional serta program-program lainnya yang berkaitan dengan pengembangan lembaga,” tutur pria kelahiran riau itu. (Aadum)


Berita Terkait

Komentar via Facebook

Kembali ke atas