IAIN Sultan Amai Gandeng Telkomsel Guna Mendukung Kuliah Daring


Selasa, 05 Mei 2020

Ahmad Fahmi

Kampus

Dibaca: 337 kali

Humas SAnews:Wabah pandemi akibat penyebaran virus Corona (Covid-19) telah menyebabkan semua Perguruan Tinggi memberikan kesempatan pada dosen, tendik, dan mahasiswa untuk bekerja dan belajar dari rumah. Hampir semua kegiatan yang dilakukan dengan tatap muka langsung berubah menjadi tatap muka daring (online). 
IAIN Sultan Amai Gorontalo merupakan salah satu kampus yang juga mengalami efek pandemi covid-19. Untuk itu, selain merupakan wujud kepatuhan pada protokol pencegahan dan penyebaran Covid-19 yang dikeluarkan pemerintah, juga sebagai wujud komitmen IAIN Sultan Amai Gorontalo untuk dapat berkontribusi terhadap upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di lingkungan pendidikan tinggi, maka IAIN Sultan Amai Gorontalo melalui SATGAS Covid-19 berupaya memberikan dukungan pelaksanaan kegiatan online, baik dalam perkuliahan, kegiatan ujian, rapat, workshop online, diskusi online, focus group discussion online, maupun kegiatan interaksi digital akademik lainnya.
Alhamdulillah salah satu wujud komitmen IAIN Sultan Amai Gorontalo dalam memberikan layanan digital terbaik pada masa pandemic adalah kerjasama dengan layanan Cloud Based Communication (Cloud-X) dari PT.Telkomsel dalam menyediakan layanan Video Conference berbiaya murah untuk Mendukung Kegiatan Kuliah Daring serta Work From Home (WFH).
Menurut Kepala Pustipad Jems Richard Hasan, S.Pd, M.Hum selain menggunakan e-Learning maka untuk melengkapi perkuliahan dengan sistem tatap muka dengan Video Conference wajib dilakukan menggunakan Cloud-X karena beberapa Hal:

  •     Menggunakan paket data yang sangat murah, hanya 10 Rupiah per bulan untuk 30Gb data. Sehingga diharapkan mengurangi beban Mahasiswa dan juga Dosen dalam melaksanakan Kuliah daring dengan Video Conference. Juga dapat digunakan untuk Rapat Internal Fakultas/Lembaga/Unit secara daring. Namun perlu diketahui bahwa paket internet 30Gb tersebut, hanya untuk penggunaan Cloud-X saja. 
  •     Fitur dan User Interface Cloud-X sangat mirip dengan Zoom, sehingga bagi Bapak/Ibu serta Mahasiswa yang terbiasa dengan penggunaan Zoom dapat dengan mudah beradaptasi dengan UI Cloud-X.
  •     Memiliki Partisipan hingga 100 Orang, dan juga tidak memiliki batasan durasi dan kami menyediakan waktu Conference dalam 24 jam sehari, 7 hari dalam seminggu.
  •     Tingkat Reliabilitas dan keamanan yang sangat baik, karena didukung penuh oleh Provider Telkomsel dengan jaringan yang kuat dan Coverage Area yang sangat luas.
  •     Multi-platform, aplikasi dapat dijalankan di berbagai device (perangkat) seperti Smartphone Tablet, PC, Laptop dan berbagai Operating System seperti Windows, Android, IOS, MacOS dll.

Sementara itu Warek II Dr. Ahmad Faisal M.Ag selaku penanggung jawab bagian administrasi keuangan IAIN Sultan Amai Gorontalo menyampaikan bahwa selain upaya dukungan pelayanan kegiatan online untuk anggaran penanggulangan covid 19 telah terdistribusi lewat satgas berupa paket belanja peralatan Protokol Covid 19 dan hal-hal lainnya. Semoga kita senantiasa dalam lindungan Allah SWT dan diberi Kesehatan, kemudahan dan kesabaran dalam menghadapi pandemi Covid-19 ini. Selamat Bekerja dan Belajar Dari Rumah. (Momy@Humasiain)


Berita Terkait

Komentar via Facebook

Kembali ke atas