IAIN Gorontalo Bersama Astra Internasional Saling Bersinergi Bangun Desa Sejahtera


Hms. IAIN SAG_Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Amai Gorontalo bersama Astra International sepakat untuk bersama-sama membangun kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Gorontalo dan Kabupaten Boalemo.

Kesepakatan itu dituangkan dalam penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Rektor IAIN Sultan Amai Gorontalo, Dr. Lahaji Haedar, M.Ag dengan Deputy Chief of Corporate Affairs Astra International, Riza Deliansyah yang dilakukan secara video conference Rabu, 29 Juli 2020 di Gedung LP2M Kampus 1 Kota Gorontalo.

Video Conference yang diikuti oleh Kementerian Desa, Kementerian Agama, Presiden Direktur PT Astra Internasional Tbk. Pemerintah Daerah dan seluruh mitra pemberdayaa desa se-Indonesia, juga diikuti oleh seluruh unsur pimpinan IAIN Sultan Amai Gorontalo.

Dalam sambutan singkat yang dilakukan secara virtual, Riza Deliansyah mengatakan, selama ini Astra terus berkomitmen untuk membangun ekonomi masyarakat melalui program desa sejahtera. Setiap tahun Astra memilih desa-desa yang telah diusulkan untuk mendapatkan pembinaan program-program pemberdayaan dan pendampingan ekonomi.

“Kami fokus pada pengembangan kewirausahaan. Desa yang terpilih akan mendapatkan pelatihan dan pendampingan, penguatan kelembagaan, dan bantuan prasarana. Setelah mereka mendapatkan pelatihan dan kelembagaannya sudah terbentuk, kami juga memberikan bantuan modal,” ujarRiza

Menurut Riza, membangun ekonomi masyarakat pedesaan bukanlah suatu perkara mudah. Diperlukan tenaga-tenaga terampil dan kreatif untuk bisa bekerja bersama dalam mewujudkan masyarakat sejahtera.

“Oleh karena itu kami menggandeng beberapa perguruan tinggi untuk dapat berperan sebagai pendamping desa. Kita bersama-sama melakukan pendampingan, pelatihan, monitoring dan evaluasi,” imbuhnya.

Sementara itu Rektor IAIN Sultan Amai Gorontalo, Dr. Lahaji Haedar, M.Ag, usai kegiatan tersebut mengatakan, sangat mengapresiasi atas terpilihnya IAIN Gorontalo menjadi pelaksana pendamping dalam rangka meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan pembangunan desa lewat kick off program Desa Sejahtera Astra (DSA).

"Dari sekian banyak proposal yang masuk, IAIN Gorontalo termasuk dari tiga PTKIN yaitu IAIN Bone dan IAIN Ambon yang diberikan kepercayaan oleh Astra untuk memberikan pendampingan pada program desa sejahtera astra," Jelas Lahaji

Menurutnya kerjasama ini merupakan program yang begitu tinggi nilainya baik dari segi akademik dan pengabdian. Untuk itu ia berkomitmen akan menjaga kerjasama ini dan berharap program ini akan terus berlanjut.

"Kedepan kami berharap kerjasama ini tidak hanya sampai di tiga desa tapi bisa lagi mengajukan beberapa desa untuk dapat kita bina bersama Astra." Harapnya.

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) IAIN Sultan Amai Gorontalo, Dr. Zulkarnain Suleman, M.HI, menjelaskan, program DAS adalah bentuk partisipasi PT. Astra Indonesia dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa.

"kami sangat berterimakasih kepada PT Astra yang telah membuat program ini sekaligus memberikan kepercayaan kepada IAIN Sultan Amai Gorontalo sebagai Mitra dalam bentuk riset pengembangan desa sejahtera ini." papar Zulkarnaen

Selalu Ketua LP2M Zulkarnaen berharap, Tim Riset IAIN Sultan Amai Gorontalo dapat memberikan kontribusi yang terbaik dalam bentuk penelitian untuk menjadikan kajian-kajian terhadap Desa sejahtera ini. Menurutnya pelaksanaan program ini tidak akan berjalan dengan baik, tanpa bantuan subangsi dan penelitian dari unsur Perguruan Tinggi. 

"Oleh karena itu kami berharap riset yang akan lahir pada pengembangan Desa Sejahtera Astra ini bisa melahirkan gagasan-gagasan positif pada pembangunan Desa kedepan," harap Zulkarnaen

Zulkarnaen pun menambahkan, ditunjuknya oleh Bupati Gorontalo Desa Pilohayanga Kecamatan Telaga, dan oleh Buapati Boalemo Desa Bangga dan Paguyaman Pantai ini, sudah melalui penelitian dari pemerintah bahwa ketiga desa ini adalah yang pantas untuk menjadi Desa  yang dikembangkan oleh Astra dalam hal pengembangannya.

"Kami pun berharap Desa Sejahtera Astra ini akan lebih banyak di Provinsi Gorontalo," Pungkas Zulkarnaen (Aadum)

 


Berita Terkait

Komentar via Facebook

Kembali ke atas