Rektor IAIN Sultan Amai Gorontalo Buka Pembekalan PPL FEBI Secara Daring


Sabtu, 29 Agustus 2020

Ajis Dumbi

Kolom Rektor

Dibaca: 158 kali

Gorontalo Hms  – Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Amai Gorontalo melaksanakan kegiatan pembekalan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Tahun Akademik 2019/2020 secara daring. Pemberian materi pembelakan dilaksanakan dengan menggunakan aplikasi Zoom Meeting, Kamis (27/8/20).

Rektor IAIN Sultan Amai Gorontalo, Dr. Lahaii Haedar, M.Ag mengatakan, dalam menghadapi PPL ditengah pandemi Covid-19, kita harus mampu menyesuaikan kondisi dan keadaan di masa Covid. Salah satunya adalah mendesain seluruh kegiatan dan model pembelajaran secara daring maupun luring.

'Dalam situasi pandemi Covid-19, seluruh kegiatan pembelajaran secara daring adalah sebuah keharusan. Walapun tidak dalam situasi Covid, mahasiswa harus mampu memanfaatkan teknologi dalam kegiatan pembelajaran. Sebab program kampus merdeka belajar mengharuskan mahasiswa untuk menguasai teknologi sebagai media pembelajaran," jelas Rektor

Dekan FEBI Dr. Muhibbuddin, M.Si berpesan kepada seluruh mahasiswa peserta pembekalan PPL, agar senantiasa mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah pada saat melaksanakan PPL  dilapangan nanti.

"Untuk itu pada pembekalan ini para peserta PPL akan menerima materi tentang cara melakukan pencegahan penyebaran Covid-19 ketika para peserta PPL berada di lokasi,"  ujar Dekan FEBI

Sementara itu Wakil Dekan 1 FEBI Dr. Muhdar HM, M.M melaporkan, pada pelaksanaan PPL tahun 2020 diikuti sebanyak 173 peserta. Muhdar menjelaskan, pelaksanaan PPL pada tahun ini berbeda dengan Tahun-tahun sebelumnya. Pada tahun sebelumnya panitia berkerja keras untuk mencarikan lokasi bagi para peserta PPL, untuk PPL tahun ini mahasiswa peserta PPL secara mandiri yang mencari menentukan lokasi PPL sesuai dengan jurusan masing-masing.

"Ini dilakukan dalam rangka mewujudkan program kampus merdeka dan merdeka belajar. Jadi kita sudah mencoba untuk memandirikan mahasiswa untuk menentukan sendiri lokasi PPL," papar Muhdar

Muhdar menambahkan pelaksanaan PPL Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam pada tahun ini sudah masuk di pulau Sulawesi. Diantaranya adalah provinsi Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah dan provinsi Gorontalo. Secara distribusi terdapat 22 lokasi PPL yang berada diluar kota Gorontalo dan 36 lokasi yang berada di kota Gorontalo.

"Ini adalah pembeda pelaksanaan PPL tahun ini dengan Tahun-tahun sebelumnya. Dengan demikian gaung PPL FEBI IAIN Sultan Amai Gorontalo berada di mana-mana," pungkas Muhdar. (Aadum/Hms)


Berita Terkait

Komentar via Facebook

Kembali ke atas