Gelar Ramah Tamah Rektor Dr Lahaji Apresiasi Advokat LBH IAIN Sultan Amai Gorontalo


Senin, 31 Agustus 2020

Ajis Dumbi

Kolom Rektor

Dibaca: 111 kali

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Amai Gorontalo menggelar ramah tamah bersama para Advokat Lembaga Bantuan Hukum (LBH) IAIN Sultan Amai Gorontalo, yang telah dilantik oleh ketua DPD IKADIN Gorontalo, dan diambil sumpah oleh ketua Pengadilan Tinggi (PT) Gorontalo.

Ramah tamah yang digelar di Auditorium Rektorat kampus II Limboto, Jumat (29/8/20) dihadiri langsung oleh rektor IAIN Sultan Amai Gorontalo, Dr. Lahaji Hardar, M.Ag, para Wakil Rektor, Kepala Biro AKAN, para Dekan, Ketua LBH IAIN Sultan Amai Gorontalo, para anggota IKADIN Gorontalo, serta para Advokat yang telah dilantik.

Rektor IAIN Sultan Amai Gorontalo, Dr. Lahaji dalam sambutannya menyampaikan, LBH yang telah dibentuknya 11 tahun silam
saat dirinya masih menjabat Dekan Fakultas Syariah, secara konsisten dan berkelanjutan memberikan bantuan hukum kepada masyarakat miskin, buta hukum, dan tertindas. Untuk itu Lahaji Haedar sangat mengapresiasi kepada para alumni Fakultas Syariah yang telah dilantik dan diambil sumpah menjadi pengacara yang tergabung dalam LBH IAIN Sultan Amai Gorontalo.

“Jadilah pengacara yang selalu menjunjung tinggi norma kode etik pengacara, tidak menjanjikan sesuatu dalam menangani perkara yang sedang ditangani atau yang akan ditangani,” katanya.

Dekan Fakultas Syariah Dr. Ayub Ishak, MA mengucapkan selamat kepada para alumni yang telah menjadi advokat, ini berarti kualitas pendidikan hukum di Fakultas Syariah IAIN Sultan Amai Gorontalo ada hasil yang memuaskan.

"Untuk itu kami berharap apa bila IAIN Sultan Amai Gorontalo menjadi UIN, Fakultas Syariah bisa berubah nomenklatur menjadi Fakultas Syariah dan Hukum," Ujarnya

Ketua LBH IAIN Sultan Amai Gorontalo Dr. Darwin Botutihe menjelaskan, pada awal tahun 2020 Fakultas Syariah IAIN Sultan Amai Gorontalo telah bekerjasama dengan Perhimpunan Advokat Indonesia (PERADI) melaksanakan Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA) dan diikuti oleh 19 orang peserta. Menurutnya, dari 19 peserta 15 orang alumni IAIN Sultan Amai Gorontalo, pada hari ini 9 sudah resmi menjadi advokat setelah dilakukan pelantikan oleh ketua DPD IKADIN Gorontalo, Dr. Duke Arie Widagdo dan diambil sumpah oleh ketua Pengadilan Tinggi (PT) Gorontalo, Nugroho Setiadji. 

"Atas nama LBH IAIN Sultan Amai Gorontalo, saya mengucapkan terimakasih kepada DPD  IKADIN Gorontalo yang telah menerima advokat magang paralegal yang ada di LBH IAIN Sultan Amai Gorontalo yang saat ini sudah menjadi advokat," Ucapnya (Aadum/Hms)


Berita Terkait

Komentar via Facebook

Kembali ke atas