IAIN Sultan Amai Gorontalo Laksanakan Wisuda Standar COVID 19 Selama Dua Hari


GORONTALO - Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Amai Gorontalo kembali menggelar wisuda Sarjana (S1) dan Magister (S2) ke XXVI periode II tahun akademik 2019/2020. Prosesi wisuda yang dibuka secara resmi dalam rapat senat terbuka oleh ketua senat, Prof. Dr. Hj. Siti Asiah Pido, MM, di Aula Kampus II Limboto, Kabupaten Gorontalo, menerapkan standar kesehatan pencegahan COVID-19, Senin (28/9).

Wisuda tahap ke 2 tahun akademik 2019/2020 ini, IAIN Sultan Amai Gorontalo meluluskan 440 wisudawan program sarjana (Strata 1/S1) dan 42 program Magister (Strata 2/S2). Demi menghindari terjadinya kerumunan dalam rangka penegakan protokol kesehatan pelaksanaan wisuda pun dibagi 2 sesi.

Sesi pertama diikuti oleh 226 wisudawan dari program Magister, Fakultas Syariah, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, serta Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, yang digelar hari ini. Pada sesi kedua, akan diikuti oleh 256 wisudawan dari Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan yang akan digelar besok, Selasa (29/9/2020).

Untuk tamu undangan dilakukan secara daring via zoom. Sementara mahasiswa yang diwisuda hadir langsung tanpa didampingi orang tua, dengan jarak duduk 1 meter, wajib menggunakan masker, face shield serta mencuci tangan dan dilakukan pemeriksaan suhu tubuh sebelum memasuki ruangan wisuda.

Wakil Gubernur Gorontalo, Dr. Drs. H. Idris Rahim, M.M dalam sambutannya melalui video konferensi mengucapkan atas nama Pemerintah Provinsi Gorontalo, selamat dan apresiasi kepada para wisudawan IAIN Sultan Amai Gorontalo. Untuk proses studinya baik pada program magister maupun sarjana, meski saat ini kita masih berada di tengah pandemi Covid-19.

Wakil Gubernur Gorontalo dua Periode itu mengungkapkan, perguruan tinggi memiliki peran penting dan strategis dalam rangka menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas, handal dan profesional. Agar para wisudawan IAIN Gorontalo bisa bersaing di tengah persaingan global saat ini, serta mampu mengimplementasikan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang diperolehnya untuk kemajuan pembangunan daerah dan bangsa.

“Selama mengenyam pendidikan di IAIN, para wisudawan telah dibekali dengan berbagai ilmu pengetahuan, keahlian dan keterampilan. Implementasikan ilmu itu agar kehadiran para wisudawan bermanfaat bagi masyarakat,” ungkapnya.

Sementara itu Rektor IAIN Sultan Amai Gorontalo, Dr. Lahaji Haedar, M.Ag melalui pidato akademik menyampikan, perjalanan hidup sebagai sarjana akan sangat berbeda dengan kehidupan pada saat kuliah. Sebab selain tidak dapat diprediksi, konstestasi juga sangat ketat dan terbuka. Untuk bisa survival, dibutuhkan modal yang sangat besar, dan modal kesarjanaan saja tidak akan cukup. Dibutuhkan juga kepercayaan diri yang kuat.

“tanpa kepercayaan diri yang kuat, pintu kesuksesan akan sulit dibuka. Jangankan bersaing, jika tanpa kepercayaan diri bisa jadi saudara akan kalah sebelum perang” ucapnya

Rektor menambahkan, para wisudawan saat ini sudah layak disebut sebagai orang-orang hebat. Sebab untuk sampai pada titik ini, para wisudawan telah membuktikan diri sebagai orang hebat yang mampu menyisihkan berbagai halangan dan tantangan yang tidak ringan.

“Saudara memiliki kemampuan akademik yang tinggi. Tetapi, itu saja belum cukup. Keberhasilan itu hanya dapat dicapai dengan disiplin, motivasi, kerja cerdas secara sistematik dan ketangguhan lahir batin.” Jelasnya

kepada para wisudawan, Rektor berharap agar terus meningkatkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan yang telah dicapai selama ini di IAIN Sultan Amai Gorontalo.

“Terus kembangkan kompetensi yang anda miliki. Kami juga menitipkan nama baik IAIN Sultan Amai Gorontalo di hati dan jiwa Wisudawan/ Wisudawati yang paling dalam, karena apapun yang Saudara/Saudari lakukan sebagai alumni, akan berpengaruh terhadap kampus Kita.” Harapnya

Meskipun digelar ditengah pandemic Covid 19, tidak mengurangi sakralnya pelaksanaan wisuda, karena pelaksanaan wisuda kali ini tergolong spesial, diselenggarakan dengan cara berbeda dan pertama kali sepanjang sejarah penyelenggaraan wisuda di IAIN Sultan Amai Gorontalo. (Aadum)


Berita Terkait

Komentar via Facebook

Kembali ke atas