FGD Di IAIN Gorontalo, Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad Bahas Entrepreneurial Spirit Dalam UU Cipta Kerja


Sabtu, 21 November 2020

Sofyan Mustafa

Kolom Rektor

Dibaca: 27 kali

Gorontalo - Wakil Ketua MPR RI Prof. Dr. Ir. Fadel Muhammad hadir sebagai pembicara  dalam Focus Group Discussion (FGD) "Implementasi Undang-Undang Cipta Kerja Terhadap Isu Strategis Daerah" yang dilaksanakan oleh Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Rabu (18/11/20) di Gedung Rektorat IAIN Sultan Amai Gorontalo.

FGD yang dibuka langsung oleh Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, dihadiri oleh Rektor IAIN Gorontalo, Dr. Lahaji, Haedar, M.Ag, Wakil Rektor 1 dan 3, Direktur Pascasarjana, para Dekan, dosen  perwakilan mahasiswa serta 12 anggota DPD RIRI,  tiga diantaranya senator asal Gorontalo Fadel Mohammad, Abdurahman Abubakar Bachmid dan Rahmijati Yahya.

Dalam materinya, senator asal Gorontalo tersebut mengatakan, sejak disahkannya UU Cipta Kerja dalam Sidang Paripurna DPR RI pada 5 Oktober 2020, ternyata ada semangat menarik dalam UU ini. Yakni membangkitkan jiwa kewirausahaan (Entrepreneurial Spirit).

Menurutnya, Entrepreneurial Spirit jarang diungkap dalam perdebatan soal omnibus law UU Cipta Kerja. Karena hal tersebut tidak langsung tampak, melainkan harus sedikit digali baru menemukannya. Entrepreneurial Spirit sangatlah penting terutama untuk makin memperdayakan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dalam perekonomian Indonesia.

"Perhatian saya lebih tertuju pada UMKM, sebab di era sekarang ini dimana teknologi informasi (TI) sudah menjadi bagian kehidupan, dibutuhkan agilityentitas bisnis untuk menangkap peluang yang datang begitu cepat" jelasnya

Sebelumnya Rektor IAIN Gorontalo, Dr. Lahaji Haedar, M.Ag, menyambut baik dengan kedatangan dan kegiatan FGD yang dilakukan ketua DPD RI beserta rombongan di institusi yang nyaris menjadi Universitas Islam Negeri.

"Terimakasih kepada ketua DPD RI dan rombongan yang telah bersilaturahmi dan  menunjuk IAIN Gorontalo sebagai tempat pelaksanaan  FGD," Ujar Rektor

Selain Fadel Mohammad FGD tersebut juga menghadirkan 2 pemateri yakni, Dr. Umbu Rauta, dosen Fakultas Hukum Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga dan Muammar, SH, MH,  dosen Fakultas Syariah, IAIN Sultan Amai Gorontalo. (AD)


Berita Terkait

Komentar via Facebook

Kembali ke atas