Dialog Publik : Transformasi Nilai Pancasila sebagai Ideologi Negara


Selasa, 28 Februari 2017

Udin Ibrahim

Perpustakaan

Dibaca: 380 kali

Kampus 1, Selasa 28 Februari 2017, Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan IAIN Sultan Amai Gorontalo melaksanakan Kegiatan Dialog Publik dengan Tema ‘Transformasi Nilai Pancasila Sebagai Ideologi Negara’. Kegiatan ini bertempat di Aula Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) IAIN Sultan Amai Gorontalo. Adapun Pemateri pada kegiatan tersebut berasal dari unsur akademisi dari beberapa perguruan tinggi dan Karang Taruna. Bertindak sebagai pemateri pertama adalah Prof. Dr. Yasin Tuloli, M.Pd, disusul oleh Dr. Sastro Wantu, M.Si (Universitas Negeri Gorontalo), Pemateri berikutnya adalah Dr. Adnan, M.Ag (IAIN Sultan Amai Gorontalo) dan pemateri terakhir Sarjon Hajarati S.Pd (Karang Taruna).

Prof. Dr. Yasin Tuloli yang membawakan tema Implementasi nilai nilai Pancasila, menyampaikan bahwa kemelut yang terjadi di negeri ini disebabkan karena kurangnya pengetahuan, penghayatan dan pengamalan Pancasila. Pemateri lainnya Dr. Sastro Wantu mengangkat topic materi ‘Modal Sosial sebagai indicator pengamalan Pancasila’. Pada kesempatan yang sama pemateri ketiga Dr. Adnan , M.Ag mengangkat tema Pancasila dalam Perspektif Islam sebagai topic materinya. ‘Pancasila sebagai ideology Negara sangat sejalan dengan ajaran agama islam’ ujar beliau. Sementra itu perwakilan dari karang taruna, Sarjon Hajarati, S.Pd menyoroti krisis keteladanan dan kewibawaan yang terjadi pada generasi kita diakibatkan oleh para pemimpin kita yang kurang pengamalan dan penghayan pada Pancasila.

Kegiatan yang berlangsung dengan meriah ini dihadiri oleh Ketua  FORUM PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI INDONESIA Provinsi Gorontalo Prof. Dr. Arifin Tahir, M.Si.,  Anggota Perpustakaan daerah dan perpustakaan perguruan tinggi se Provinsi Gorontalo, Mahasiswa dan Dosen IAIN Sultan Amai Gorontalo, serta pemuda karang taruna.

Kegiatan ini terlaksana atas kerja sama UPT Perpustakaan IAIN Sultan Amai Gorontalo, Karang Taruna Provinsi Gorontalo dan WIRE-g (Women Institute Research and Empowerment Gorontalo)

KEPALA UPT PERPUSTAKAAN IAIN SULTAN AMAI GORONTALO  : BPK AMPAULENG ZAINUDDIN, S.Hum

KETUA  WIRE-G                                                                          : IBU KUSMAWATI MATARA, M.Pd

KETUA KARANG TARUNA                                                           : BPK SARJON HAJARATI, SE


Berita Terkait

Komentar via Facebook

Kembali ke atas