Gorontalo – Bertempat di Desa Limbatihu dan Desa Bangga, Kecamatan Paguyaman Pantai, Kabupaten Boalemo, Minggu 13 Desember 2020, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) IAIN Sultan Amai Gorontalo bekerjasama dengan PT. Astra Internasional, melaksnakan  Pelatihan Program Desa Sejahtera Astra, yang diikuti oleh 40 peserta dari dua Desa tersebut.

Ketua LP2M yang diwakili oleh Sekretaris LP2M Dr. Sulaiman Ibrahim, M.A menyampaikan, Program Desa Sejahtera Astra ini merupakan Program PT. Astra International Tbk, yang bekerja sama dengan Kementerian Agama serta Kementerian Desa, yang memanfaatkan Perguruan Tinggi Agama Islam sebagai Fasilitator Program, salah satunya IAIN Sultan Amai Gorontalo.

Dijelaskannya, LP2M IAIN Sultan Amai Gorontalo sebagai penanggung Jawab Program Desa Sejahtera Astra, untuk melaksanakan pelatihan penguatan kelembagaan pada Kelompok-kelompok usaha dalam bidang perikanan, yakni Kelompok Usaha Cakalang Jaya dari Desa Limbatihu, dan kelompok usaha Suka Rasa dari Desa Bangga. Program ini fokus pada peningkatan ekonomi berbasis masyarakat dengan mengoptimalkan potensi lokal yang dapat memberikan nilai tambah ekonomi bagi masyarakat desa melalui pengembangan Prukades (Produk Unggulan Kawasan Pedesaan) sesuai daerahnya masing-masing. Sulaiman berharap, kepada Masyarakat dapat memanfaatkan Program Desa Sejahtera Astra sebaik-baiknya.

“Dari 20 Desa yang diajukan oleh pihak IAIN Gorontalo, hanya Desa Bangga, Desa Limbatihu dan Desa Pilohayanga yang di Setujui oleh Pihak PT. Astra International Tbk dan Kementerian Agama,” ungkapnya.

Di tempat yang sama, Koordinator Program, Andi Jufri, mengatakan, pendampingan ini dilaksanakan hingga 2 Tahun, dan pada Tahun ke tiga sebagai Output dari kegiatan selama pendampingan.

“Untuk itu kelompok-kelompok usaha masyarakat harus mandiri, jangan bermental ‘Miskin’,” pintanya.

Sementara itu Camat Paguyaman Pantai, Steve Dj Ahaliki, SSTP,saat menghadiri kegiatan tersebut, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pihak IAIN Sultan Amai Gorontalo, yang telah menjadikan Dua Desa di Kecamatan Paguyaman Pantai yakni Desa Bangga dan Limbatihu sebagai Desa Binaan Kampus Islam IAIN Sultan Amai Gorontalo dalam Program Desa Sejahtera Astra.

 

Bagikan: