GORONTALO, (iaingorontalo.ac.id) – Bertempat di Lantai 4 Gedung Rektorat kampus 1 Kota Gorontalo, Selasa (23/02/2021), Rektor IAIN Sultan Amai Gorontalo, Dr. Lahaji Haedar, M.Ag, sepakat menandatangani memorandum of understanding (MoU) bersama Pengadilan Tinggi Agama (PTA) Gorontalo dan Kakanwil Kemenag Provinsi Gorontalo.

Dalam pengantarnya, Rektor IAIN Sultan Amai Gorontalo Dr. Lahaji Haedar, M.Ag mengatakan, kerjasama yang terjalin bertujuan untuk saling memanfaatkan dan mengoptimalkan kemampuan masing-masing lembaga untuk melaksanakan, mengemban, dan meningkatkan kualitas Tri Dharma Perguruan Tinggi, sesuai Visi IAIN Sultan Amai Gorontalo adalah ‘Menjadi Perguruan Tinggi yang Unggul dalam Studi Islam, Sains, Budaya, dan Berdaya Saing di Tingkat Nasional dan Internasional’.

Untuk itu Lahaji berharap kerjasama yang telah disepakati dapat didukung sepenuhnya oleh para pihak. “ MoU ini sangat penting untuk mendorong pengembangan SDM. Diantaranya proses alih status IAIN menjadi UIN. Untuk itu SDM di kalangan Kanwil dan PTA diharapkan dapat mengembangkan pendidikan magister (S2) di IAIN Gorontalo,” ungkap Rektor

Ketua PTA Gorontalo Dr. Drs. Izzudin Hm, S.H., M.H, pada kesempatan itu menjelaskan, salah satu poin penting dilaksanakannya Mou ini, untuk meningkatkan dan memupuk hubungan kelembagaan antara IAIN Gorontalo dan PTA Gorontalo dalam bidang pendidikan dan pengajaran, penelitian, pengabdian masyarakat serta kegiatan lainnya yang erat hubungannya dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan peningkatan mutu pelayanan PTA.

“Kerjasama ini sangat perlu kita lakukan dalam rangka peningkatan SDM peradilan di masa mendatang,” jelas Ketua PTA

Izzudin menambahkan, pihaknya akan mendukung progres peningkatan kualitas IAIN Gorontalo menjadi sebuah lembaga pendidikan tinggi yang bermutu, berdaya saing dan bernuansa kearifan lokal. “Sehingga kedepan IAIN Gorontalo akan menjadi UIN dalam rangka peningkatan SDM baik di lingkungan kampus dan lingkungan PTA Gorontalo,” tandasnya

Sementara itu, Kakanwil Kemenag Gorontalo Dr. H. Syafrudin Baderung, M.Pd di tempat yang sama mengatakan, kegiatan ini merupakan momentum kelembagaan di kalangan Kementerian Agama dalam rangka memperbaiki kualitas SDM pada masa mendatang. “Kita secara kelembagaan sudah saling berkerja sama dengan baik. Dengan MoU ini diharapkan lebih saling menguatkan,” tutur Kakanwil.

Untuk itu, lanjut Syafrudin, Nota Kesepakatan/MoU dapat ditingkatkan menjadi sebuah perjanjian Memorandum of Agreement (MoA) sebagai bentuk tindak lanjutnya.

Adapun tujuan kesepakatan ini saling memanfaatkan dan mengoptimalkan kemampuan masing-masing lembaga untuk melaksanakan, mengemban, dan meningkatkan kualitas Tri Dharma Perguruan Tinggi. Disamping itu, ruang lingkup kerja sama ini meliputi kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi, seperti narasumber, edukasi hukum, kolaborasi penelitian, magang/PPL Mahasiswa dan kegiatan-kegiatan akademik lainnya yang saling menguntungkan kedua pihak.

Kegiatan tersebut dihadiri pula oleh para pejabat fungsional dan administrasi di lingkungan IAIN Sultan Amai Gorontalo, PTA Gorontalo dan Kanwil Kemenag Gorontalo. (Aadum)

Bagikan: