Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

 

Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah merupakan salahsatu program studi pada Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Sultan Amai Gorontalo berdasarkan Nomor SK pendirian 2256 Tahun 2013 tanggal 19 Agustus 2013 yang ditandatangani oleh Direktur Jendral Pendidikan Islam Kementerian Agama RI. Penyelenggaraan dimulai sejak bulan Agustus 2013 Nomor SK Izin Operasional 2256 Tahun 2013 tanggal 19 Agustus 2013 dengan mengantongi peringkat (Nilai) Akreditasi Terakhir C dengan nomor SK BAN-PT : 277/No.004/SK/BAN-PT/Akred/S/I/2015.

Alamat

Jl. Gelatik No. 1, Kel. Heledulaa Utara, Kec. Kota Timur, Kota Gorontalo, Kode Pos : 96000, Provinsi Gorontalo, Telepon/Fax : (0435) 822725,  homepage : iaingorontalo.ac.id, dan email : pgmi@iaingorontalo.ac.id

 

 

 

 

VISI

“Menjadi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Yang Memiliki Kompetensi dan Profesional Dalam Pengelolaan Program Pembelajaran di Madrasah/Sekolah Dasar pada Tahun 2020”

MISI

  1. Mengembangkan pengkajian ilmu di bidang Pendidikan dan Keguruan pada PGMI melalui pendekatan multidimensional dan interdisipliner;

  2. Memberikan layanan akademik dan kurikulum yang berbasis kompetensi dan merujuk pada KKNI sesuai dengan kebutuhan mahasiswa dan stakeholder;

  3. Mengembangkan program studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah melalu penelitian di bidang pendidikan dan pembelajaran;

  4. Menjalin hubungan yang sinergis dengan lembaga-lembaga keilmuan, kebuadayaan, sains dan teknologi, riset keislaman, seni dan budaya;

  5. Mengembangkan kualitas dan kuantitas program studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah di bidang pengabdian masyarakat.

TUJUAN

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dan profesional dalam pengelolaan program pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah/Sekolah Dasar;

  2. Mampu menjadi tenaga pendidik dan pengelola administrasi perangkat pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah/Sekolah Dasar;

  3. Mewujudkan layanan akademik melalui penyelenggaraan perkuliahan dan menghasilkan tenaga pendidik dan pengelola administrasi yang kompeten dalam bidang pendidikan dasar (MI/SD);

  4. Menjalin kerjasama yang menunjang pengembangan program studi dengan lembaga pendidikan terkait dan instansi lainnya.

SASARAN

  1. Memperkenalkan mahasiswa melalui orientasi pengenalan kampus (OPAK), dan pengenalan Suasana pembelajaran akademik;

  2. Menyediakan ruang pembelajaran (perkuliahan), Micro Teaching, laboratorium, serta kurikulum program studi merujuk KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia);

  3. Proses perkuliahan regular dengan menggunakan sistem SKS murni;

  4. Melaksanakan praktek mengajar melalui magang;

  5. Melakukan pengabdian masyarakat melalui program PPLT (Praktek Pengalaman Lapangangan Terpadu);

  6. Mengikuti seminar proposal untuk menguji kelayakan penyusunan hasil karya ilmiah;

  7. Melakukan pembimbingan, ujian komprehensif dan ujian skripsi sebagai proses akhir dari pembelajaran mahasiswa.

STRATEGI PENCAPAIAN

  1. Melaksanakan Orientasi Perkenalan Kampus dan Suasana Akademik, yang melibatkan civitas akademik yang berbasis pada pendidikan karakter dan mentalitas yang profesional serta berkompetensi di bidang pendidikan dan pengelolaan pembelajaran di kelas.

  2. Menyelenggarakan pelayanan akademik yang profesional melalui pemanfaatan sarana dan prasarana yang ada dengan mengimplementasikan kurikulum berbasis kompetensi yang merujuk kepada KKNI.

  3. Menyelengarakan proses perkuliahan regular berbasis sistem SKS murni melalui proses pembimbingan akademik dan sistem informasi akademik (SIAK).

  4. Menunjang kompetensi dan profesionalitas mahasiswa melalui program magang kerjasama dengan berbagai lembaga pendidikan terkait berbasis MoU.

  5. Menunjang kompetensi dan profesionalitas mahasiswa melalui Pengabdian Masyarakat dalam bentuk Program Praktek Pengalaman Lapangan Tepadu.

  6. Melakukan pengarahan dan pembimbingan secara intensif terhadap mahasiswa dalam proses penyusunan karya ilmiah yang konsern di bidang pengelolaan pembelajaran kelas.

  7. Menyelenggarakan uji kompetensi keguruan melalui Ujian Komprehensif dan Ujian Skripsi sebagai produk akhir dari proses perkuliahan.