a. Visi

Visi IAIN Sultan Amai Gorontalo adalah “Menjadi Perguruan Tinggi yang Unggul dalam Studi Islam, Sains, Budaya, dan Berdaya Saing di Tingkat Nasional dan Internasional”.

b. Misi IAIN Sultan Amai Gorontalo adalah :

1.     Menyelenggarakan proses pendidikan agar peserta didik menjadi manusia yang berkemampuan akademik dan/atau profesional yang berkualitas serta berjiwa dan berkemampuan entrepreneur.

2.     Melakukan pengembangan dan penyebarluasan ilmu pengetahuan agama, sains, humaniora dan seni, serta mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat dan memperkaya kebudayaan nasional.

c. Tujuan IAIN Sultan Amai Gorontalo, meliputi;

1.     Menghasilkan sumberdaya manusia yang berkualitas, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, mampu membelajarkan diri, memiliki wawasan yang luas, memiliki disiplin dan etos kerja, sehingga menjadi tenaga akademis dan profesional yang tangguh dan berdaya saing di tingkat nasional.

2.     Mengembangkan ilmu pengetahuan, sains dan seni guna mendorong pengembangan budaya, sehingga tercipta insan-insan yang sadar bahwa setiap kehidupan mempunyai hak untuk dihargai dan bermanfaat.

3.     Mempunyai kemampuan dalam pemberdayaan masyarakat melalui pengembangan konsep pemecahan masalah dengan menggunakan metode ilmiah.

Adapun sasaran IAIN Sultan Amai Gorontalo sebagai berikut;

1.     Tersedianya lulusan yang mampu bekerja sebagai ilmuwan yang profesional dan mampu mengkaji dan menganalisis secara kritis berbagai permasalahan tingkat nasional dan internasional.

2.     Terwujudnya kemampuan sivitas akademika yang mandiri (independent), memiliki otonomi (autonomous) dan mampu mengarahkan dirinya (self- directed).

3.     Adanya kerjasama ditingkat nasional dan internasional dan daya saing Global.

4.     Terwujudnya Sistem Tata Kelola dan Kelembagaan yang akuntabel.

5.     Adanya Sarana Prasarana yang memenuhi standar mutu perguruan tinggi

d. Strategi pencapaian sebagai berikut:

1.     Peningkatan akses dan mutu calon mahasiswa, mutu jurusan/ prodi, sarana prasarana, sumber dan media pembelajaran, kualitas dosen, dan implementasi kurikulum berbasis KKNI

2.     Peningkatan kapasitas sumberdaya penelitian, output penelitian, penerapan penelitian multi disipliner dan berparadigma baru, kerjasama dalam negeri, publikasi jurnal terakreditasi nasional dan internasional berbasis penelitian dan kerjasama.

3.     Peningkatan jumlah pengabdian masyarakat dan pengembangan entrepreneurship masyarakat

4.     Melaksanakan kegiatan kerjasama Perguruan Tinggi pada bidang akademik dan/atau bidang non-akademik dengan perguruan tinggi lain, dunia usaha, atau pihak lain, baik dalam maupun luar negeri

5.     Peningkatan jumlah prodi di lingkungan IAIN Sultan Amai gorontalo dan kualitas akreditasi Unggul, terlaksananya alih status IAIN Menjadi UIN, terlaksananya pengelolaan keuangan kampus yang efektif dan efisien, serta terlaksananya manajemen kegiatan yang ekonomis, efektif dan efisien

e. Tata Nilai

Dalam melaksanakan kegiatannya civitas akademika dan tenaga kependidikan wajib menjunjung tinggi dan mengamalkan nilai-nilai sebagai berikut:

1.     Ketuhanan yang Maha Esa.

2.     Berbudaya luhur dan berpradaban maju berdasarkan nilai-nilai agama dan pancasila dalam wadah NKRI di tengah dunia global.

3.     Etika moral, keadilan, kejujuran, kearifan dan pengabdian terbaik.

4.     Keunggulan, kreativitas, inovatif, dinamis serta efisien.

5.     Kepeloporan, kemandirian, dan bertanggung jawab.

6.     Keterbukaan, manusiawi, berwawasan nasional dan berdaya saing.

7.     Mohuyula (gotong royong) dan Huyula (tolong menolong)

 

 

Bagikan: