Bandung – Ketua Jurusan Manajemen Keuangan Syariah (MKS) IAIN Sultan Amai Gorontalo Dr. Luqmanul Hakiem Ajuna, S.E.I.,M.M.,AWP secara resmi menandatangani Memorandum of Agreement (MoA) dengan Seluruh Program Studi (Prodi) MKS di Indonesia dan Prodi Ilmu Ekonomi dan Keuangan Islam Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) yang telah tersertifikat internasional.

Penandatanganan MoA MKS IAIN Sultan Amai Gorontalo dengan Seluruh Prodi MKS di Indonesia dan Prodi Ilmu Ekonomi dan Keuangan Islam UPI Bandung merupakan langkah awal yang ditempuh untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas Mutu Pendidikan, terpenuhinya tri dharma perguruan tinggi, serta pengaplikasian Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

UPI Bandung terpilih dikarenakan Ilmu Ekonomi dan Keuangan Islamnua merupakan satu-satunya program studi di Indonesia yang telah terakreditasi internasional AQAS. Sementara seluruh Prodi MKS se-Indonesia bukan hanya untuk acuan akselerasi kurikulum melainkan juga penguatan pada cita rasa dan spesifikasi jurusan MKS IAIN Sultan Amai Gorontalo yaitu Pengelolaan Keuangan Desa.

Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Sultan Amai Gorontalo Dr. Roni Mohammad, S.E.,M.Si menyambut baik penandatanganan MoA ini. Beliau menyampaikan “Hal ini tentunya menjadi motivasi tersendiri bagi jurusan MKS IAIN Sultan Amai Goronyalo dalam upaya peningkatan kualitas dan kuantitas sistem pendidikan di Lingkungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam”.

Sementara itu Rektor UIN Sunan Gunung Djati Bandung Prof. Dr. Mahmud, M.Si.,CSEE dalam penyampaiannya menyambut baik dan mengapresiasi langkah yang ditempuh oleh Kaprodi MKS, sambil berpesan agar eksistensi keilmuan Prodi MKS harus ditonjolkan “Prodi MKS saat ini merupakan prodi yang paling diminati oleh calon mahasiswa baru diseluruh PTKIN, sehingga langkah ini merupakan terobosan yang pantas menyiapkan SDM pada Prodi MKS”, lanjutnya.

Penandatanganan MoA ini dilaksanakan di hotel aryaduta Kota Bandung Jawa Barat pada Selasa 24 Mei 2022, sekaligus dengan pelaksanaan seminar nasional dan rakernas Prodi MKS se Indonesia.

Untuk duketahui bahwa langkah spontan ditandatanganinya MoA tersebut adalah invited mentor proyek transformasi kewirausahaan yang dilakukan oleh jurusan MKS IAIN Sultan Amai Gorontalo, juga kolaborasi pada penulis dan reviewer jurnal keuangan syariah.

Bagikan: