Bandung –  24 Mei 2022 Ketua Jurusan Manajemen Keuangan Syariah IAIN Sultan Amai Gorontalo Dr. Luqmanul Hakiem Ajuna, S.E.I., M.M., AWP secara resmi menandatangani Memorandum of Agreement (MoA) dengan Ilmu Ekonomi dan Keuangan Islam Universitas Pendidikan Indonesia (UPI Bandung).

Dr. Luqmanul Hakiem Ajuna, S.E.I., M.M., AWP menyampaikan bahwa penandatanganan MoA MKS IAIN Sultan Amai Gorontalo dengan Ilmu Ekonomi dan Keuangan Islam UPI Bandung merupakan langkah awal yang ditempuh untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas Mutu Pendidikan Jurusan Manajemen Keuangan Syariah menuju Akreditasi Internasional.

“Penandatanganan MoA ini sangat penting dikarenakan Ilmu Ekonomi dan Keuangan Islam UPI Bandung merupakan satu-satunya Program Studi di Indonesia yang telah terakreditasi internasional AQAS.” Terangnya

Ia menambahkan, Akreditasi internasional oleh Agency for Quality Assurance by Accreditation of Study atau yang disebut dengan AQAS merupakan lembaga independen untuk penjaminan kualitas suatu program studi. AQAS sendiri berbasis di Jerman.

“7 Indikator yang akan dinilai dalam asesmen akreditasi internasional AQAS, meliputi, 1) Kualitas kurikulum; 2) Penjaminan Mutu; 3) Pembelajaran, pengajaran dan penilaian Mahasiswa; 4) Penerimaan Mahasiswa, Perkembangan studi, Rekognisi dan Sertifikasi; 5) Staf Pengajar; 6) Sumber Pembelajaran dan Dukungan Mahasiswa ;7) Informasi Publik” tandas Luqman

Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Sultan Amai Gorontalo Dr. Roni Mohammad, S.E., M.Si menyambut baik kabar penandatanganan MoA ini. Hal ini tentunya menjadi motivasi bagi Jurusan lainnya dalam peningkatan kualitas dan kuantitas sistem pendidikan di Lingkungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam ucap beliau.

“Semoga dengan penandatanganan MoA ini lahir program-program yang dapat mendungkung dan meningkatkan kualitas dan kuantitas sistem pendidikan di masing² Jurusan yang ada di Fakultas sehingga hal ini merupakan jalan untuk mempercepat akreditasi internasional.” Pungkas Dekan FEBI (SAH)

Bagikan: