Sebanyak 663 Maba IAIN Sultan Amai Gorontalo Ikuti PBAK

Gorontalo – Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) tahun 2023 di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Amai Gorontalo, secara resmi dimulai, pada Senin (04/09/2023).

Pembukaan PBAK itu ditandai dengan Sidang Senat Terbuka yang dipimpin langsung oleh Ketua Senat IAIN Sultan Amai Gorontalo Prof. Dr. H. Kasim Yahiji, M.Ag diikuti oleh 663 Mahasiswa Baru.

Rektor IAIN Sultan Amai Gorontalo Dr. H. Zulkarnain Suleman, M. HI dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada mahasiswa baru.

Sebagai Rektor IAIN Gorontalo, dirinya berjanji akan memberikan pelayanan secara akademik sesuai dengan budaya yang ada di IAIN Sultan Amai Gorontalo.

PBAK tahun yang mengusung tema “Merawat Keragaman Indonesia, Berlandaskan Al-Qur’an dan Pancasila untuk Masa Depan Bangsa yang berakhlakul-karimah”.

“Ketika saudara memilih kampus IAIN sebagai tempat untuk menuntut ilmu, maka kami segenap civitas akademik akan melayani saudara secara akademik sesuai dengan budaya yang akan diperkenalkan nanti,” Ucap Rektor.

Dirinya juga menyebutkan sejumlah fasilitas biaya pendidikan (Beasiswa) bagi mahasiswa untuk mengenyam pendidikan di IAIN Gorontalo.

Adapun beasiswa tersebut antara lain, beasiswa Cahaya Pintar dari PLN, KIP dari pemerintah pusat, Beasiswa Baznas, Beasiswa Bank Indonesia, dan beasiswa lainnya.

“Silahkan berkompetisi untuk mendapatkan fasilitas tersebut. Kami selaku pimpinan dan pejabat dilingkup IAIN Gorontalo tidak akan pilih kasih. Saudara yang akan mendapat fasilitas ini harus benar benar berhak mendapatkannya,” Ujarnya.

Terakhir, Rektor berpesan kepada panitia PBAK, agar dapat membimbing dan memberikan pengenalan Budaya akademik yang terbaik kepada para mahasiswa baru.

“Begitupun para mahasiswa baru, saya berharap agar kegiatan PBAK ini dapat diikuti dengan baik,” Pungkasnya

Sementara itu Ketua Panitia Rominenza Noholo dalam laporannya menyampaikan bahwa, PBAK tahun ini diikuti sebanyak 663 Mahasiswa Baru (Maba) Tahun Akademik 2023/2024.

Sedangkan untuk pelaksanaan PBAK sendiri, akan berlangsung selama 3 hari, mulai dari tanggal 4 sampai dengan 6 September 2023.

“Dalam PBAK ini, para Maba ini akan dibekali dengan wawasan tentang pedoman akademik, pola pembinaan dan tata tertib kemahasiswaan, serta memperkenalkan lingkungan kampus dalam pengembangan karakter dan kompetensi yang akan membantu mahasiswa baru menjalani kehidupan baru di perguruan tinggi,” Jelasnya.

Presiden Mahasiswa IAIN Sultan Amai Gorontalo Ahmad Sarifudin dal sambutannya mengatakan, PBAK adalah gerbang awal bagi teman-teman mahasiswa baru untuk masuk ke dunia kampus. Dan merupakan awal dari tersematnya gelar mahasiswa.

“Mahasiswa harus mampu membuktikan perwujudan makna dari namanya. Yaitu Maha dari Siswa yang memiliki privilege tertinggi dalam dunia pendidikan. Dari Mahasiswa Baru IAIN SAG, saya menantikan lahirnya bibit-bibit unggul yang akan menjadi agen perubahan, yang mampu menuntun pada kemajuan bangsa.” Ujarnya (AD)