إدارة القسم الدولي

INTERNATIONAL OFFICE

Mukaddimah

            Puji dan syukur kami panjatkan kepada Allah Tuhan Yang Maha Esa atas segala rahmat dan karunianya sehingga terbentuknya Lembaga baru dilingkungan Institut Agama Islam Negeri Sultan Amai Gorontalo, Yakni Kantor International Office.

            Kantor International Office Ini terbentuk dengan Surat Keputusan Rektor IAIN Sultan Amai Gorontalo No.77 Tahun 2019 tentang “ Penetapan Struktur Pengurus  Organisasi International Office IAIN Sultan Amai Gorontalo”

Terbentuknya lembaga ini karena tuntutan era globalisasi meniscayakan perguruan tinggi untuk lebih berpacu dalam mengejar inovasi kerjasama internasional, di antaranya dengan membentuk Internasional Office. International Office (IO) merupakan lembaga yang didirikan untuk menindaklanjuti berbagai capaian kerja sama ditingkat internasional  dan mengakselerasi cita-cita universiatas menjadi Perguruan Tinggi Yang Unggul Dan Berdaya Saing Ditingkat Internasional. Maka untuk menggalakkan program tersebut, perguruan tinggi  harus berusaha mempromosikan pendidikan di Indonesia agar menjadi destinasi inbound bagi mahasiswa asing.

Dengan adanya lembaga IO dapat memotivasi dan memfasilitasi civitas akademika agar berpola pikir internasional dalam rangka pengembangan diri, Meningkatkan publikasi internasional penelitian dan karya civitas akademika serta Menciptakan sistem layanan dan sumber daya kampus yang memenuhi standard internasional.

Elemen-elemen diatas tersebut menjadi hal penting bagi perguruan tinggi dalam meningkatkan kualitas akademik dan mendorong reputasi internasional. Apabila hal ini tidak dilakukan, dipastikan dalam 25 tahun ke depan perguruan tinggi akan terus tertinggal jauh dan hanya melahirkan lulusan yang minim keahlian dan sulit diterima di pasar kerja internasional.

 

 VISI DAN MISI IO IAIN SAG

a.   VISI

Menjadi lembaga pendukung dalam menciptakan IAIN Sultan Amai Gorontalo sebagai pusat studi ilmu-ilmu keislaman.

b.   MISI

1)     Meningkatkan mutu tata kelola pengembangan dan implementasi program-program internasional.

2)     Meningkatkan promosi IAIN Sultan Amai Gorontalo di kancah internasional.

3)     Meningkatkan kesadaran dan jumlah partisipasi civitas akademika IAIN Sultan Amai dalam upaya internasionalisasi IAIN Sultan AmaiGorontalo.

4)     Meningkatkan program kerja sama dengan lembaga internasional dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat.

5)     Meningkatkan jumlah mahasiswa asing yang berada di IAIN Sultan AmaiGorontalo.

 

PROGRAM KERJA IO IAIN SAG

1.     INTERNASIONALISASI IAIN SAG

a.     Pengembangan hubungan dengan lembaga/organisasi/asosiasi pendidikan International dan berpartisipasi dalam kegiatannya.

b.     Peningkatan kompetensi dosen dalam Bahasa Arab dan Inggris (HOMESTAY,TOAFL;TOEFL, IELTS Academic English and Arab – BahtsulLughah)

c.      SES – Germany di IAIN Sultan Amai 4 Fakultas + 1 Pasca (15 Jurusan + 2 Konsentrasi)

d.     Peningkatan Jumlah Kerjasama Luar Negeri untuk Tri Dharma PerguruanTinggi

e.     Menerbitkan Booklet IAIN dalam Bhs Arab & Inggris

2.     INISIASI AKADEMISI DAN ILMUAN DAN DOSEN LN YANG DATANG KE IAIN SULTAN AMAI DAN DOSEN IAIN SULTAN AMAI YANG KE LN

a.     Mengkoordinasi kunjungan Pimpinan dan Civitas Akademika IAIN Sultan Amai Gorontalo keLuar Negeri dalam Konfrensi International, studi banding, dan PenandaTanganan & Pelaksanaan MoU.

b.     Melakukan penerimaan visiting scholars dari luar.

c.      Pendistribusian Informasi Beasiswa Luar Negeri di lingkungan IAIN Sultan Amai Gorontalo.

d.     Membantu Pelaksanaan Kuliah Tamu, Workshop/Seminar Internasional.

e.     Meningkatkan kapasitas dosen IAIN Sultan Amai Gorontalo melalui Penelitian Kolaborasi (Collaborative Research), joint supervision, Kuliah Lanjutan, Post-Doctoral

3.     INISIASI MAHASISWA LN YANG DATANG KE IAIN SULTAN AMAI

a.   Membantu Pembuatan Materi Promosi Pendidikan IAIN Sultan Amai Gorontalo dalam Bhs Arab &Inggris.

b.   Meningkatkan pemanfaatan Website untuk promosi.

c.   Mengikuti pameran pendidikan Internasional.

d.   Melaksanakan kerjasama dengan agen Internasional penerimaan mahasiswa asing ke IAIN Gorontalo.

e.   Sosialisasi MP penerimaan mahasiswa asing ke IAIN Sultan Amai 2023.

f.    Pelaksanaan Program Short Course (magang) untuk mahasiswa IAIN Sultan Amai Gorontalo di LuarNegeri, sepertike Australia, UniEmirat Arab, Lebanon, Turki dan Eropa.

g.   Permintaan tenaga pengajar/tutor penutur asli Bahasa Inggris dari program RELO Kedutaan Amerika Serikat, Australia, Inggris.

h.   Permintaan tenaga pengajar/tutor penutur asli Bahasa Arab dari Kedutaan Arab Saudi atau Lebanon.

i.     Membantu Tim Alih Status IAIN ke UIN Sultan Amai Gorontalo.

 

 

Bagikan: