Disambut Adat Mopotilolo, Menag RI Tiba di Gorontalo dalam Rangka Membuka PWN PTK XVI Tahun 2023

Gorontalo (IAINSAG) – Menteri Agama Republik Indonesia (Menag RI), KH. Yaqut Cholil Qoumas, tiba di Bandara Djalaluddin Gorontalo pada hari Ahad, 21 Mei 2023, pukul 11.10 WITA menggunakan maskapai penerbangan Garuda Indonesia Airways. Setelah turun dari pesawat, Menag dan rombongan diarak menggunakan payung adat melewati karpet merah menuju ruang VIP terminal bandara dengan upacara adat Gorontalo, yang dikenal dengan adat Mopotilolo.

Upacara adat Mopotilolo adalah upacara penyambutan adat yang diperuntukkan kepada pejabat negara yang baru pertama kali mengunjungi daerah Gorontalo. Penyambutan ini dilakukan dengan khidmat oleh dewan adat Gorontalo yang disebut U Duluwo Limo Lo Pohalaa sebagai bentuk penghormatan kepada pejabat negeri.

Penyambutan Gusmen (Menag) dengan upacara adat ini berlangsung meriah dengan Tarian Longgo (Tarian Perang), diiringi tabuhan Genderang. Upacara Mopotilolo dimulai dengan penyerahan persembahan adat berupa minuman dan makanan tradisional. Selanjutnya, penyampaian petuah adat dan diakhiri dengan pembacaan doa agar Menteri Agama dan rombongan senantiasa dalam lindungan Allah Swt. selama berada di bumi serambi Madinah, Gorontalo.

Kedatangan orang nomor satu di Kementerian Agama Repubik Indonesia ini disambut oleh Penjabat Gubernur Gorontalo, Ismail Pakaya, beserta jajaran Pemerintah Provinsi (Pemprov) dan jajaran Kementerian Agama Provinsi Gorontalo. Dalam upacara penyambutan, turut hadir Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Amai Gorontalo, Dr. H. Zulkarnain Suleman, M.HI.

Kunjungan Menag ke Gorontalo dilakukan dalam rangka membuka Perkemahan Wirakarya Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan (PWN PTK) XVI 2023 di Bumi Perkemahan IAIN Sultan Amai Gorontalo pada hari Senin, 22 Mei 2023. Sore hingga malam nanti, sejumlah kegiatan akan dilakukan Menag, diantaranya, silaturahmi Keluarga Besar Nahdlatul Ulama Provinsi Gorontalo, membuka kegiatan penguatan moderasi beragama bagi ASN dan tokoh lintas agama se-Provinsi Gorontalo serta meresmikan Asrama Jabal Uhud.

Selain kedatangan Menag RI, sejumlah Rektor Perguruan Tinggi Keagamaan seluruh Indonesia dan Kontingen PWN PTK XVI dari berbagai daerah juga disambut oleh Rektor IAIN Sultan Amai Gorontalo dan jajaran panitia pelaksana. (eMHa)