Kamis, 04 Agustus 2022 LPTK IAIN Sultan Amai Gorontalo mengadakan kegiatan Evaluasi Perkuliahan PPG Daljab Batch-2 Tahun 2022 dengan seluruh instruktur/dosen pengajar PPG Batch-2. Tujuan kegiatan ini adalah untuk mengevaluasi secara keseluruhan proses penyelenggaraan PPG dari modul yang diberikan pada perkuliahan pendalaman materi terutama untuk mengevaluasi mahasiswa pada masing-masing rombel dalam menyelesaikan tugas mandiri mulai dari membuat tugas resume untuk masing-masing kegiatan belajar (KB), membuat Analisa bahan ajar, mengerjakan tes formatif hingga membuat Analisa materi ajar dengan memilih 2 pendekatan yaitu Problem Based Learning (PBL) dan Project Based Learning (PjBL) serta mengerjakan Tes Akhir Modul (TAM).  Selain itu, keaktifan mahasiswa mengikuti video converence (Vicon) atau saat berinteraksi dengan dosen, ketepatan waktu menyelesaikan tugas, kedisiplinan dan ketertiban mengikuti Vicon sesuai dengan jadwal yang dibuat oleh instruktur/pengajarnya.

Kegiatan Evaluasi Perkuliahan PPG Daljab Batch-2 Tahun 2022 diikuti oleh 24 Instruktur/Pengajar dan dipandu langsung oleh Dr. Damhuri, M.Ag sebagai moderator. Kegiatan dibuka langsung oleh Dr. H. Said Subhan Posangi, M.Pd.I selaku Dekan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Sultan Amai Gorontalo. Dalam sambutannya menyampaikan perkuliahan PPG  yang berkualitas tidak terlepas dari keberadaan instruktur/dosen pengajar yang secara sinergi melaksanakan proses perkuliahan dengan sepenuh hati dan komitmen yang tinggi dalam memberikan layanan kepada mahasiswa demi kelancaran dan keberhasilan penyelenggaraan PPG di LPTK IAIN Sultan Amai Gorontalo, terutama dalam meningkatkan hasil kelulusan beroleh hasil maksimal 100% atau minimal meningkat dari persentase kelulusatan tahun sebelumnya. Tak lupa, Beliau mengapresiasi komitmen dan profesionalisme instruktur/dosen pengajar sehingga pelaksanaan pendalaman materi dari masing-masing modul yang sudah terjadwal pada Batch-2 ini dapat terlaksana dengan baik dan lancar.

Selanjutnya Ketua Pengelola Dr. Herson Anwar, M.Pd menyampaikan permasalahan teknis terkait penyelenggaraan PPG Dalbab Batch-2 Tahun 2022 yang tentunya menuntut kemampuan mahasiswa dalam beradaptasi dengan perkembangan IPTEK. Mengingat masih banyak  mahasiswa yang belum mampu memanfaatkan teknologi untuk menyelesaikan aktivitas belajarnya setiap modul berdasarkan kontrak belajar. Oleh karena itu, selaku ketua pengelola bersama Panitia dan admin LPTK secara sinergis melaksanakan layanan secara profesional berbasis kebutuhan kepada seluruh mahasiswa PPG sejak kegiatan lapor diri, sampai mengikuti tahapan yang ada dalam penyelenggaraan PPG terutama tahapan saat ini yang sementara berlangsung adalah pendalaman materi, kami memantau terus aktivitas dari mahasiswa dalam memenuhi tagihan tugas yang ada di LMS Space.

Sementara itu, Ketua Prodi PPG Dr. Lian G. Otaya, M.Pd menyampaikan bahwa kegiatan evaluasi matakuliah Pedalaman Materi ini dilakukan dalam rangka menjaga kualitas dalam proses pembelajaran PPG di LPTK IAIN Sultan Amai Gorontalo. Ada beberapa hal yang dievaluasi pada kegiatan ini diantaranya keaktifan mahasiswa PPG melakukan pembelajaran secara Synchronous dan Asynchronous melalui Vicon yang dijadwalkan oleh Instruktur/Dosen; mahasiswa PPG diharapkan memenuhi/mengupoad Tagihan/tugas tepat waktu. Selain itu, mahasiswa PPG diharapkan mengerjakan Tes Formatif pada LMS dan yang lainnya sesuai waktu yang terjadwal. Taklupa Ketua Prodi PPG menyampaikan terima kasih kepada seluruh instruktur PPG, Panitia dan tim admin LPTK yang selalu kooperatif dan bersinergi membantu kelancaran proses PPG yang saat ini sementara  berlangsung Pendalaman Materi untuk Batch-2.

Hasil evaluasi secara keseluruhan dari instruktur/dosen pengajar PPG Daljab Batch-2 ditemukan bahwa kondisi riil mengenai kemampuan mahasiswa PPG dalam penggunaan teknologi dan sinyal internet yang bermasalah mengakibatkan mereka tidak dapat mengikuti Vicon, mengupload tugas-tugas yang ada tepat waktu sesuai kontrak belajar. Ini mengisyarakan bahwa sangat penting dilakukan berbagai upaya peningkatan kemampuan penggunaan IT bagi para mahasiswa PPG. Mengingat pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran daring penting untuk selalu ditingkatkan kualitasnya. Permasalahan lainnya adalah adanya kesenjangan kemampuan akademik antara mahasiswa PPG yang satu dengan yang lainnya, sebagai akibat dari heterogenitas daerah asal dan sekolah asal, sehingga masih ditemukan ada yang rendah motivasi belajarnya, kemampuan berpikir kritis yang juga masih rendah, kurang kreatif dalam membuat tugas, dan sebagainya. Tentunya, hasil evaluasi ini menjadi masukan  untuk perbaikan kualitas pembelajaran PPG di LPTK IAIN Sultan Amai Gorontalo menjadi lebih baik lagi, agar mahasiswa PPG mampu mengembangkan diri secara berkelanjutan sebagai guru yang akan Gooo Profesional.

Bagikan: