Minggu, 31 Juli 2022 telah dilaksanakan Uji Pengetahuan (UP) sebagai akhir dari Uji Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (UKMPPG) Batch-1 Tahun 2022, setelah kemarin mengikuti Uji Kinerja (UKin) dari tanggal 22-24 Juli 2022 oleh Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan (Daljab) Kementerian Agama RI Batch-1 Tahun 2022 termasuk mahasiswa Prodi PPG di LPTK IAIN Sultan Amai Gorontalo. Peserta UP PPG Daljab Bacth-1 dari LPTK IAIN Sultan Amai Gorontalo berjumlah 193 firstaker Tahun 2022 dan 70 Retaker Bacth-1 dan 2 Tahun 2021 yang dilaksanakan secara online terpusat dan terdistribusi pada 3 LPTK yang ditunjuk sebagai tempat uji kompetensi (TUK) yaitu LPTK UIN Sunan Gunung Djati Bandung, LPTK UIN Walisongo Semarang dan UIN Alauddin Makassar. Peserta berasal dari Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan, Sumatera, Sulawesi, Maluku termasuk Papua. Pelaksanaan UP Batch-1 dilaksanakan dalam 2 sesi yaitu Sesi 1: 08.30-11.30 dan Sesi 2: 13.00-16.00.

Pada pelaksanaan UP PPG Daljab Batch-1 Tahun 2022 ini, Dr. H. Zulkarnain Suleman, M.HI selaku Rektor IAIN Sultan Amai Gorontalo menaruh harapan besar kepada seluruh peserta PPG di LPTK IAIN Sultan Amai Gorontalo mampu meningkatkan persentase kelulusan secara maksimal. Oleh karena itu, Rektor IAIN Sultan Amai Gorontalo sangat mengapresiasi persiapan peserta PPG dalam mengikuti UP mulai dari menyiapkan spesifikasi perangkat ujian yang dibutuhkan dari Laptop yang  memiliki Sistem Operasi Windows 10 – 32 bit atau MacOS versi 10.15 dilengkapi dengan penyimpanan minimal 4 GB RAM dan 20 GB Free Storage dilengkapi audio yang berfungsi dengan baik dan memiliki baterai (charger) yang dalam keadaan berfungsi dengan baik hingga mempersiapkan diri belajar dan berlatih mengerjakan soal-soal tryout yang disiapkan oleh LPTK terkait soal-soal bidang profesional dan pedagogik. Sebagaimana pernyataan yang disampaikan oleh Dr. H. Said Subhan Posangi, M.Pd.I selaku Dekan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan sekaligus sebagai penanggung jawab LPTK IAIN Sultan Amai Gorontalo bahwa saya sangat mengapresiasi kesiapan dan antisipasi dari peserta mengikuti UP, karena kami selalu mengingatkan kepada peserta PPG untuk memaksimalkan usaha dan upaya dalam mengikuti UP mengingat  kelulusan peserta dalam mengikuti PPG sangat tergantung pada hasil UP. “Saya sangat berharap pelaksanaan UP PPG Daljab Batch-1 Tahun 2022 baik firstaker maupun retaker beroleh hasil maksimal atau lulus 100%” Ungkapnya, 31 Juli 2022.

Dr. Herson Anwar, M.Pd selaku Ketua Panitia Penyelenggara PPG LPTK IAIN Sultan Amai Gorontalo menambahkan bahwa sesuai informasi dari seluruh peserta PPG Daljab dari LPTK IAIN Sultan Amai Gorontalo baik firstaker dan retaker dalam pelaksanaan UP yang mereka ikuti untuk sesi 1 dan sesi 2 berjalan dengan baik dan lancar tidak ditemukan kendala teknis yang dihadapi peserta dan mereka dapat mengikuti sesuai waktu pengerjaan tes selama 180 menit untuk 120 item soal yang diujikan. Harapannya semoga hasil kelulusan pelaksanaan UP PPG Daljab Batch-1 Tahun 2022 mencapai kelulusan 100% atau minimal meningkat dari persentase kelulusan tahun kemarin.

Tak terkecuali Dr. Lian G. Otaya, M.Pd selaku Kaprodi PPG LPTK IAIN Sultan Amai Gorontalo menyampaikan rasa syukur mahasiswa PPG Daljab Batch-1 Tahun 2022 sudah menyelesaikan tahap akhir dalam penyelenggaraan PPG yaitu mengikuti uji kompetensi secara online melalui UP sebagai upaya untuk mengukur pemahaman konsep/materi capaian pembelajaran lulusan (CPL) dalam PPG. Sebelum peserta PPG mengikuti UP, sebagai suplemen meningkatkan kelulusan peserta PPG di LPTK IAIN Sultan Amai Gorontalo diawali dengan membedah kisi-kisi dan mengerjakan 20 kali tryout menggunakan aplikasi google form dan Quizizz dengan melibatkan semua tim admin LPTK yaitu H. Ahmad M. Latief, S.Kom., M.Pd, H. Ahmad Fahmi Tuli, S.Kom, Taufik, ST, Salahudin Nggilu, S.HI, Mudtaqin Ali, SE.I, Sofyan R. Mustafa, S.Kom dan Abdullah Latief, M.Pd.

Semoga semua peserta PPG Daljab Batch-1 Tahun 2022 LPTK IAIN Sultan Amai Gorontalo yang mengikuti UP baik firstaker maupun retaker lulus dan nilainya melampaui passing grade.

Bagikan: