Gorontalo – (18/12/2021), Hari Bahasa Arab Sedunia diperingati setiap tanggal 18 Desember tiap tahunnya. UNESCO mengusung bahwa tema Hari Bahasa Arab Sedunia tahun 2021 adalah “Al-Lughah al-Arabiyah wa al-Tawashul Al-Hadary” “Bahasa Arab dan Komunikasi Beradaban,”, tema ini sebagai penegas peran penting bahasa Arab dalam membangun jembatan komunikasi antar manusia dalam bidang budaya, ilmu pengetahuan, sastra dan bebagai bidang lainnya.

Berkaitan dengan peringatan al-Yaum al-Alamiy li al-Lughah al-Arabiyah ini, Pusat Pengembangan Bahasa IAIN Sultan Amai Gorontalo, memberikan Reward berupa beasiswa kepada mahasiswa berprestasi. Ibnu Rawandhy N. Hula selaku kepala Pusat Pengembangan Bahasa dalam sambutannya mengatakan bahwa mahasiwa yang sunguh-sungguh mengikuti Intensive Training Program of English and Arabic selama 1 Bulan 70 Jam Pelajaran (JPL), berhak menerima penghargaan. Sedangkan untuk mengukur prestasi mahasiswa, di akhir program para peserta selama 2 hari wajib mengikuti Tes Akhir Training (TAT), Tes berisi uji penguasaan; vocabulary/mufradat, expresion/ta’bir, fluency/talaqah, pronunciation/fashahah al-kalam, expresiaon/ta’bir, grammar/qawaid dan knowledge & understanding/ma’rifah wa al-fahm.

Ibnu Rawandhy N. Hula, menambahkan bahwa Intensive Training Program (ITP) telah diikuti oleh 108 peserta dari enam (6) program Studi: 1) Pendidikan Agama Islam, 2) Ilmu Quran dan Tafsir, 3) Manajemen Keuangan syariah, 4) Perbankan Syariah, 5) Tadris Bahasa Inggris dan 6) Pendidikan bahasa Arab. Ke depan, program ini akan ditawarkan kepada seluruh mahasiswa dan seluruh prodi, sehingga penguasaan bahasa international mahasiswa di Kampus IAIN Sultan Amai Gorontalo merata dan meningkat, hal ini tentu akan berpengaruh pada mutu program studi dan peningkatan nilai akreditasi yang menjadi harapan semua stakeholder, menuju alih status IAIN menjadi UIN Sultan Amai Gorontalo.

Acara yang dilaksanakan di AULA Kampus II, ini dihadiri oleh Wakil Dekan III – FITK, mewakil Wakil Rektor III bidang Kemahasiswa. Dalam sambutannya Dr. Damhuri, M.Ag., meyampaikan bahwa “Program-program pusat bahasa sangat dibutuhkan dalam rangka meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam menguasai bahasa international. Mahasiswa yang masuk di IAIN tahun ini sangat beragam, bahkan untuk jurusan bahasa Arab, lebih didominasi oleh siswa non madrasah/pesantren, sehingga program pusat bahasa menjadi solusi terhadap kebutuhan mahasiswa, yang tidak sepenuhnya dapat dijalankan oleh program studi. Kurikulum prodi juga perlu disinergikan dengan program pusat bahasa, sehingga bisa berjalan secara lebih komprehensif, bahkan kalau perlu kurikulum bahasa Arab dan Inggris kembali kepada All in Sisytem yang bisa dijalankan secara utuh untuk semua kemahiran dan merata di semua prodi.

Pada akhir acara peringatan Hari Bahasa Arab Sedunia tersebut, Kepala Pusat Bahasa dan Wakil Dekan III-FITK memberikan penghargaan kepada mahasiswa berprestasi, berupa beasiswa semester Genap kepada tiga mahasiswa; 1) Fatmawati Nur Pomoalo, Nilai 99, 2) Mohamad Lahay, Nilai 98, 3) Titin Fatmawati, Nilai 93. Di samping beasiswa, seluruh peserta Intensive Training Program (ITP) diberikan Piagam Penghargaan dan Medali.

 

Bagikan: