Prodi Ekonomi Syariah IAIN Sultan Amai Gorontalo Raih Akreditasi Unggul

IAINSAG (Humas) – Program studi (Prodi) Ekonomi Syariah pada program sarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Amai Gorontalo berhasil meraih Akreditasi Unggul dari Lembaga Akreditasi Mandiri Ekonomi Manajemen Bisnis dan Akuntansi (LAMEMBA).

Hal ini berdasarkan Surat Keputusan LAMEMBA Nomor 339/DE/A.5/AR.10/IV/2023 yang diterbitkan pada tanggal 10 April 2023. Sebelumnya, Prodi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Sultan Amai Gorontalo telah melaksanakan asesmen lapangan pada tanggal 7 – 9 Februari 2023.

Sebagaimana diketahui, untuk mewujudkan status akreditasi unggul pada prodi bukanlah tugas mudah, yang membutuhkan perhatian besar dan dukungan semua pihak serta menguras tenaga dan konsentrasi civitas akademika khususnya Prodi Ekonomi Syariah.

Hal ini tentunya mendapatkan apresiasi dari seluruh pihak di lingkungan IAIN Sultan Amai Gorontalo atas keberhasilan Prodi Ekonomi Syariah yang mencatatkan prestasi yang luar biasa dengan mendapatkan Akreditasi Unggul.

Dekan FEBI IAIN Sultan Amai Gorontalo, Dr. Roni Mohamad, M.Si., sangat bersyukur dan mengapresiasi atas raihan ini, serta menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan bekerja keras untuk meningkatkan prodi Ekonomi Syariah sehingga mendapatkan Akreditasi Unggul.

“Alhamdulillah Prodi Ekonomi Syariah memperoleh predikat Unggul. Akreditasi ini untuk kita semua, untuk IAIN Sultan Amai Gorontalo. Ini adalah hasil dari kerja tim, kerja seluruh civitas akademika IAIN Sultan Amai Gorontalo. Insyaa Allah selangkah lagi akan mengantarkan IAIN Sultan Amai Gorontalo menjadi UIN,” ucapnya.

Terpisah, Rektor IAIN Sultan Amai Gorontalo, Dr. H. Zulkarnain Suleman, M.Hi., saat dihubungi diruang kerjanya menyampaikan apresiasinya kepada semua tim borang Prodi Ekonomi Syariah atas pencapaian ini. Menurutnya, untuk memperoleh predikat seperti ini bukanlah hal yang mudah, ini membutuhkan  usaha dan kerja keras semua pihak.

“Alhamdulillah puji syukur kehadirat Allah SWT, IAIN Sultan Amai Gorontalo telah mendapatkan Akreditasi dengan predikat Unggul untuk jurusan Ekonomi Syariah. Oleh karena itu, saya mengucapkan terima kasih kepada Dekan FEBI bapak Roni Mohamad beserta tim,” ujar Rektor.

Rektor menambahkan, sebagaimana visi dan misinya saat dilantik sebagai Rektor, bahwa UIN Sultan Amai Gorontalo ini akan lahir dalam kurun waktu dua tahun masa kepemimpinannya.

“Saya bertekad sebagaimana visi dan misi saya ketika menjadi Rektor, bahwa UIN Sultan Amai Gorontalo ini akan lahir dua tahun kepemimpinan saya. Insyaa Allah saat usia dua tahun kepemimpinan saya, target saya akan terpenuhi,” imbuhnya.

“Saya minta semua civitas akademika, semua stakeholder bisa membantu mendukung IAIN Sultan Amai Gorontalo menjadi UIN Sultan Amai Gorontalo. Kita berjuang untuk mendapatkan program ini dan kedepan kita akan membuka prodi-prodi baru untuk mendukung IAIN Sultan Amai Gorontalo ini menjadi UIN,” pungkasnya. (Hms/YN)