IAIN Sultan Amai Gorontalo Selasa, 01 November 2022 melaksanakan asesmen lapangan. Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan merupakan program studi yang ke Delapan sejak diberlakukannya asesmen akreditasi lapangan yang dilaksanakan secara virtual (daring) tahun 2020.  Sesuai dengan surat tugas nomor 1570 / BAN-PT / SPT-AK / A / 2022 BAN PT. Pelaksanaan asesmen lapangan pada tanggal 01-02 November 2022 oleh Asesor (1) Dr. Karwadi, M.Ag (Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga) dan Asesor (2) Dr. Zulfikar Ali Buto Siregar (IAIN Lhokseumawe) berjalan lancar.

Kegiatan Pembukaan Asesmen Lapangan Daring dimulai dari sambutan Dekan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Dr. H. Said Subhan Posangi, M.Pd.I, dilanjutkan sambutan sekaligus pembukaan Asesmen Lapangan daring secara resmi oleh Rektor IAIN Sultan Amai Gorontalo Dr. H. Zulkarnain Suleman, M.HI dan dilanjutkan sambutan dan arahan dari Asesor BAN-PT oleh  Dr. Karwadi, M.Ag dan Dr. Zulfikar Ali Buto Siregar. Pembukaan Asesmen Lapangan Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini dihadiri oleh Wakil Rektor I, Wakil Rektor II, Wakil Rektor III, Ketua Lembaga Penjaminan Mutu, Ketua LP2M, Wakil Dekan I dan Wakil Dekan III,  Kepala Perpustakaan, Para Ketua jurusan dan sekretaris jurusan di Lingungan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Stecholder, Tim Borang, Dosen dan Alumni Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini.

Sebelum asesmen lapangan dimulai Dr. Karwadi, M.Ag (Asesor I )mengungkapkan rasa terimakasih atas sambutannya yang hangat dari sivitas akademika IAIN Sultan Amai Gorontalo. Mohon maaf jika merepotkan Tim Borang PIAUD untuk menyiapkan data-data, ia menjelaskan proses visitasi ini akan lebih banyak melakukan diskusi. “kita akan melakukan konfirmasi dari beberapa hal yang dikira perlu untuk mendapat penjelasan lebih dalam dari yang sudah tertulis di borang mengungkapkan, melakukan konfirmasi terhadap apa apa saja yang tertuang didalam borang Prodi PIAUD” terang Beliau.

Hari pertama setelah pembukaan dilanjutkan dengan konfirmasi UPPS dan UPS data kuantitatif , laporan evaluasi diri program studi, laporan kinerja program studi, sesi wawancara dengan stecholder dan alumni. Hari kedua dilanjutkan dengan agenda wawancara dengan para dosen, mahasiswa, Gugus Penjaminan Mutu Fakultas dan terakhir penyampaian berita acara ke pimpinan UPPS, pengecekan berita acara serta penandatanganan berita acara asesmen lapangan dan acara terakhir penutupan Akreditasi Lapangan secara virtual (daring) oleh Dekan Fakultas Ilmu Tabiyah dan Keguruan.

Dari proses AL selama dua hari tersebut, asesor menyampaikan beberapa masukan perbaikan, meliputi peningkatan jabatan dan kepangkatan dosen, evaluasi beban mengajar dosen, peningkatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, peningkatan keterlibatan alumni dalam kegiatan kampus.

Hasil asesmen akreditasi Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan akan diumumkan beberapa minggu ke depan setelah melalui beberapa tahapan verifikasi lagi oleh BAN-PT, yaitu pemeriksaan oleh validator, Dewan Eksekutif dan Majelis BAN-PT.