IAIN Sultan Amai Gorontalo Rabu 10 Agustus 2022 melaksanakan asesmen lapangan. Program Studi Hukum Pidana Islam (Jinayah) Fakultas Syariah merupakan program studi yang ke enam sejak diberlakukannya asesmen akreditasi lapangan yang dilaksanakan secara virtual (daring) tahun 2020.  Sesuai dengan surat tugas nomor 1063/BAN-PT/SPT-AK/A/2022 BAN PT. Pelaksanaan asesmen lapangan pada tanggal 10-11 Agustus 2022 oleh Asesor (1) Dr. H. Syahrul Anwar, M.Ag (Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati) dan (2) Dr. Ahmad Luthfi Hamidi, M.Ag (IAIN Purwokerto) berjalan lancar.

Kegiatan Pembukaan Asesmen Lapangan Daring dimulai dari sambutan Dekan Fakultas Syari’ah Dr. Ahmad Faisal, M.Ag dilanjutkan sambutan sekaligus pembukaan Asesmen Lapangan daring secara resmi oleh Wakil Rektor I IAIN Sultan Amai Gorontalo Dr. H. Sofyan AP. Kau, M.Ag dan dilanjutkan oleh sambutan dan arahan dari Asesor BAN-PT Dr. H. Syahrul Anwar, M.Ag dan Dr. Ahmad Luthfi Hamidi, M.Ag. Pembukaan Asesmen Lapangan Program Studi Hukum Pidana Islam (Jinayah) dihadiri oleh Wakil Rektor I, Wakil Rektor II, Ketua Lembaga Penjaminan Mutu, Ketua LP2M, Ketua dan anggota senat Institut, Para Ketua jurusan dan sekretaris jurusan di lingungan Fakultas Syariah, Stecholder, Tim Borang, Dosen dan Alumni Program Studi Hukum Pidana Islam.

Hari pertama setelah pembukaan dilanjutkan dengan konfirmasi data kuantitatif jurusan excel, laporan evaluasi diri program studi, laporan kinerja program studi, sesi wawancara dengan stecholder dan alumni. Hari kedua sesi penyampaian berita acara ke pimpinan UPPS, pengecekan berita acara serta penandatanganan berita acara asesmen lapangan dan acara penutupan Akreditasi Lapangan secara virtual (daring) oleh Dekan Fakultas Syariah.