Beri Pemahaman Susun Rencana SKP, IAIN Sultan Amai Gorontalo Gelar Bimtek

GORONTALO (IAINSAG) – Pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Amai Gorontalo, mengikuti kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Praktek Penyusunan Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) dan Penilaian Kinerja, di Auditorium Gedung Rektorat Lantai IV Kampus 1 IAIN Sultan Amai Gorontalo, Rabu (06/09/2023).

Hadir pada kegiatan ini, Rektor IAIN Sultan Amai Gorontalo, Dr. H. Zulkarnain Suleman, M.HI., Direktur Kinerja ASN Badan Kepegawaian Negara (BKN) Republik Indonesia, Dr. Ahmad Slamet Hidayat, S.Pd., M.Si., para Wakil Rektor, para Dekan, para narasumber dari BKN RI, seluruh pejabat eselon III dan eselon IV, serta para peserta bimtek praktek penyusunan SKP dan Penilaian Kinerja.

Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari pada tanggal 06 – 07 September 2023, dan diikuti sebanyak 87 peserta yang berasal dari para pejabat struktural dan fungsional.

Rektor IAIN Sultan Amai Gorontalo Dr. H. Zulkarnain Suleman, M.HI., saat membuka kegiatan ini menyampaikan, SKP merupakan hal yang paling utama dalam penilaian sebagai ASN, sehingga pihaknya bersyukur para ASN IAIN Sultan Amai Gorontalo akan mendapatkan pemahaman terkait penyusunan rencana SKP dari BKN.

Rektor menegaskan, aspek loyalitas merupakan hal yang paling utama dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan di lingkungan IAIN Sultan Amai Gorontalo.

Lanjut Rektor, seorang ASN bukan hanya bertanggung jawab terhadap tugasnya masing-masing, namun dituntut memiliki tanggung jawab moral terhadap kinerjanya.

“Seorang ASN bukan hanya bertanggung jawab sesuai job yang ada, tapi kita punya tanggung jawab moral atas kinerja kita,” tegas Rektor.

Rektor berharap, dengan mengikuti kegiatan ini, akan meningkatkan kinerja pegawai ASN dilingkungannya. Mengingat, SKP juga merupakan salah satu komponen yang dapat dijadikan indikator keberhasilan suatu organisasi.

Sementara itu, Ketua Panitia, Dra. Hj. Rusniaty Umadji menyampaikan, tujuan dari SKP dan Penilaian Kinerja adalah untuk memberikan pemahaman setiap Pegawai Negeri Sipil (PNS) terutama pejabat dan pimpinan unit kerja dalam menyusun rencana SKP.

Sebagaimana yang diatur dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi (Permenpan RB) Nomor 6 Tahun 2022, tentang pengelolaan kinerja pegawai ASN dan pemahaman PNS dalam menyusun SKP yang dijadikan pengukuran, pemantauan, pembinaan kinerja, dan penilaian kinerja. (Hms/YN)