iaingorontalo.ac.id – Dr. Lahaji M.Ag membuka secara langsung kegiatan perkuliahan Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan bagi Guru Madrasah dan Guru PAI angkatan pertama  yang dilaksanakan oleh Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) IAIN Sultan Amai Gorontalo.

Pembukaan kuliah yang dilaksanakan di gedung LPM kampus I kota Gorontalo, Senin (7/6/21) secara secara daring dan luring turut dihadiri oleh Dekan Fakultas Ilmu Tarbiayh dan Keguruan (FITK) Dr. Lukman Arsyad, M.Pd dan Dr. Herson Anwar, M.Pd selaku ketua panitia.

Rektor IAIN Sultan Amai Gorontalo Dr. Lahaji M.Ag dalam sambutannya mengatakan PPG adalah program pendidikan yang mengintegrasikan penyajian materi, workshop dan praktik lapangan yang diselenggarakan untuk mempersiapkan guru agar menguasai kompetensi guru secara utuh sesuai dengan standar nasional pendidikan sehingga dapat memperoleh sertifikat pendidik.

“Penguasaan kompetensi sebagai agen pembelajaran meliputi kompetensi paedagogik, kompetensi keperibadian, kompetensi sosial dan kompetensi profesional, bahkan juga kompetensi leadersip dan spiritual, dibuktikan dengan sertifikat pendidik yang diperoleh melalui sertifikasi”, jelasnya

Rektor menambahkan pelaksanaan PPG tahun ini sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, tahun ini pelaksanaannya 100% dilakukan secara daring.

“PPG tahun ini yang menggunakan sistem daring akan menjadi tantangan khusus. Seluruh pihak baik itu mahasiswa, dosen dan LPTK tidak hanya harus menguasai konten akan tetapi juga harus mengerti sistem dan manajemen pembelajaran secara daring” tandasnya

Dekan FITK IAIN Sultan Amai Gorontalo, Dr. H. Lukman Arsyar, M.Pd menyampaikan, mahasiswa pada LPTK IAIN Sultan Amai Gorontalo lebih banyak berasal dari luar Provinsi Gorontalo, mahasiswa yang berasal dari Gorontalo hanya beberapa orang saja. Ini merupakan tantangan tersendiri bagi instruktur maupun panitia karena akan berhadapan dengan karakter kedaerahan yang berbeda beda termasuk bahasa atau dialeg dari mahasiswa.

Tantangan berikut yang tidak kalah seru lanjut Dekan FITK adalah jaringan. Karena PPG kali ini pelaksanaannya 100% daring, maka ketergantungan akan jaringan sangat tinggi baik dari sisi instruktur maupun mahasiswa. Pesan dari panitia pusat kepada para mahasiswa.

“Tidak ada alasan tempat kami tidak bagus jaringan, silahkan bapak ibu mahasiswa berusaha semaksimal mungkin untuk mencari tempat yang jaringannya lebih baik” harapnya

Dr. Herson Anwar, M.Pd selaku ketua panitia menyampaikan, PPG dalam jabatan LPTK IAIN Sultan Amai Gorontalo memiliki mahasiswa yang telah direkomendasi oleh panitia nasional Kemenag. Untuk Madrasah berjumlah 75 mahasiswa untuk angkatan pertama terbagi 8 rombongan belajar (rombel), untuk PAI Sekolah berjumlah 117 mahasiswa yang terbagi 8 rombel. Rata-rata jumlah mahasiswa pada setiap rombel berjumlah 13 sampai dengan 14 orang.

Herson menambahkan pada PPG Daljab angkatan pertama ini ada tiga mata kuliah yang akan diikuiti. Pertama mata kuliah pendalaman materi yang terbagi lima SKS dan dari lima SKS tersebut ada pendalaman materi yang berkaitan dengan pedagogik dan pendalaman materi bidang studi. Mata kuliah yang kedua adalah pengembangan perangkat pembelajaran yang akan dilaksanakan kurang leih 12 hari dari waktu yang telah dijadwalkan. Ketiga adalah mata kuliah Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) yang terbagi dua berdasarkan juknisnya ada PPL 1 dan PPL 2.

“Inilah mata kuliah yang akan dijalankan kurang lebih tiga bulan. Sehingga teman-teman instruktur yang telah terjadwal pada mata kuliah dipendalaman materi baik itu bidang studi maupun pedagogik akan mengikuti jadwal yang telah ditentukan. Dan 30 hari ke depan para mahasiswa akan mengikuti mata kulia pendalaman materi”, jelasnya (Aadum)

Video Youtube : PEMBUKAAN KULIAH PPG ANGKATAN 1

Bagikan: