iaingorontalo.ac.id – IAIN IAIN Sultan Amai Gorontalo dan Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDASHL) Bone Bolango sepakat bekerjasama dalam rangka rangkan peningkatan kapasitas masyarakat dalam upaya pemulihan hutan dan lingkungan hidup.

Kerjasama kedua lembaga tertuang dalam Memorandum of Understanding (MoU) yang ditandatangani Rektor IAIN Sultan Amai Gorontalo Dr.Lahaji Haedar, M.Ag dan Kepala BPDASHL Bone Bolango, Eru Permana, S.Hut.

Penandatanganan MoU tersebut dilakukan di aula LPM kampus 1 kota Gorontalo, Rabu (1/9/21) pada pelaksanaan dialog hukum lingkungan yang mengangkat tema “Permaslahan Lingkungan  Hidup dan Penegakkan Hukum Lingkungan di Indonesia” yang dilaksanakan oleh Senat Mahasiswa (SEMA) Fakultas Syariah.

Rektor IAIN Sultan Amai Gorontalo saat membuka kegiatan menyampaikan apresiasi kepada SEMA Fakultas Syariah yang telah menyelenggarakan kegiatan yang tak kalah penting, sehingga bisa terjalin kerjasama antara kedua lembaga ini.

“MoU ini sangat penting dan memiliki kekuatan hukum. Saya berharap melalui penandatanganan MoU kedepan dapat mengembangkan kerjasama yang lebih spesifik dalam rangka untuk mencegah kerusakan lingkungan dan bagaimana upaya dalam pemulihannya,” ujar Rektor Dr. Lahaji

Sementara itu Kepala BPDASHL Bone Bolango, Eru Permana, S.Hut, mengatakan saat ini kondisi lahan kritis di Gorontalo semakin memprihatinkan. Lahan kritis ini kata dia, luasnya mencapai 332 ribu hektar atau sekitar 26,9 % dari luas wilayah yang perlu direstorasi. Dan ini membutuhkan bantuan, partisipasi dan kesadaran dari kita semua.

“Lahan kritis ini harus kita pulihkan dengan meningkatkan produktivitasnya melalui kegiatan pemberian bibit gratis, kegiatan Rehabilitasi Hutan dan Lahan (RHL), membangkang usaha tani, konservasi lahan agroforestri serta kegiatan-kegiatan lainnya,” jelas Eru Permana S.Hut

Olehnya ia berharap melalui kegiatan ini bisa menggugah kesadaran dan keinginan kita untuk melakukan penghijauan kembali dalam memulihkan, mempertahankan dan meningkatkan fungsi hutan dan lahan.

Usai pelaksanaan MoU Rektor IAIN Gorontalo bersama Kepala BPDASHL Bone Bolango melakukan penanaman bibit secara simbolis di halaman belakang gedung rektorat. (aadum)