DEVELOPMENT OF LAW

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Lembaga International Office

bekerja sama dengan pihak SES Germany dengan pemateri Professor Peter Becker dengan mengangkat judul seminar “ Development Of Law”.

Professor Peter Becker menjadi visiting expert dari Senior Experten Service (SES)  Germany kedua tahun ajaran 2019 ini. Program visiting expert merupakan bentuk kerjasama antara Direkorat Jenderal  Pendidikan Islam (PENDIS) Kementerian Agama RI dengan pihak SES Jerman.

Prof. Peter memberikan kuliah umum di bidang hukum. Misalnya, dalam salah satu seminar, Professor Becker mengelaborasi proses pengembangan hukum yang dipakai oleh umat manusia. Menurut Becker, “mekanisme perkembangan hukum di beberapa negara, seperti Indonesia, tidak mengalami proses yang runut atau tidak tersruktur dengan memperhatikan kondisi masyarakat yang menganut hukum tersebut”.

Professor Peter Becker kemudian menekankan pentingnya melibatkan seluruh stke-holders dalam merumuskan semua kebijakan hukum yang mempunyai dampak hukum kepada masyarakat luas. “Sejatinya, hukum itu mempertimbangkan human dignity, kebebasan beragama, dan masalah gender”, pungkasnya.

Professor Becker bertugas khususnya di Fakultas Syariah selama 27 hari.

Bagikan: