LPTK IAIN Sultan Amai Gorontalo Kukuhkan 163 Guru Profesional

Gorontalo – Bertempat di Grand Palace Convention Center Gorontalo, Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) IAIN Sultan Amai Gorontalo melaksanakan Pengukuhan Guru Profesional Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan bagi Guru PAI dan Madrasah Batch-2 Tahun 2022, Kamis (29/12/22).

Prosesi pengukuhan yang dibuka langsung oleh Rektor IAIN Sultan Amai Gorontalo, Dr. H. Zulkarnain Suleman, M.HI, turut dihadiri oleh Subkor Subdit PAI PTU Dr. Adimin Diens, M.Pd, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Gorontalo Dr. H. H. M. Muflih B. Fattah., Kepala Kantor kemenag Kabupaten Bone Bolango, Kepala Kantor kemenag Kabupaten Gorontalo, Kadis Pendidikan SE Provinsi Gorontalo, Para Wakil Rektor Rektor serta pimpinan lainnya dilingkungan IAIN Sultan Amai Gorontalo.

Dalam sambutannya Rektor IAIN Sultan Amai Gorontalo Dr. H. Zulkarnain Suleman mengucapkan selamat kepada para Guru Profesional yang akan dikukuhkan.

“Sebagai Rektor IAIN Sultan Amai Gorontalo saya selamat. Sebagai Guru Profesional yang akan dikukuhkan hari ini secara otomatis saudara berada pada babak baru.” Ucap Rektor

Menurutnya, kata profesional yang akan disandang ini, tidak sekedar kata yang menyertai pada profesi sebagai guru. Namun jauh lebih dari itu bahwa profesionalisme harus terpatri pada diri sebagai seorang pendidik.

“Tunjukkan bahwa anda yang akan dikukuhkan hari ini mampu menjadi Guru yang benar-benar profesional dalam menangani dunia pendidikan.” Tutur Rektor

DR. Zulkarnaini menambahkan, saat ini guru memiliki tantangan yang begitu besar. Sebab  negara saat ini berada pada krisis moral. Globalisasi telah mengubah cara hidup manusia sebagai individu, sebagai masyarakat dan sebagai warga bangsa. Tak ada seorangpun yang dapat menghindari arus globalisasi. Setiap individu dihadapkan dengan dua pilihan, yakni menempatkan dirinya dan berperan sebagai sebagai pemain dalam arus perubahan globalisasi, atau dia menjadi korban dan terseret derasnya arus kemajuan saat ini.

“Olehnya guru sangat dituntut profesionalismenya sebagai pengajar dan pendidik. Disamping profesional guru juga harus menghadapi beberapa kata kunci dunia pendidikan yaitu, kompetisi, transparansi, efisiensi, dan kualitas tinggi.” Pungkas Rektor

Sebelumnya Dekan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) IAIN Sultan Amai Gorontalo, Dr. Said Subhan Posangi, M.Pd menerangkan, pada pengukuhan Guru Profesional Batch-2 Tahun 2022 ini, Guru PAI sebanyak 120, Guru Mata¬† Pelajaran (Mapel) Akidah Akhlak sebanyak 23, Guru Mapel Qur’an Hadits 1 orang, Guru Bahasa Arab 36 orang dan Mapel Fiqih 1 orang.

“Sehingga secara keseluruhan peserta yang akan dikukuhkan sebanyak 163 peserta yang telah dinyatakan lulus pada Pendidikan Profesi Guru Batch-2.” Ungkap Dekan FITK